Manusia dan Kepunahan Hewan: Seberapa Parah Dampaknya?

Seberapa Banyak Spesies Hewan yang Telah Punah karena Ulah Manusia? (Wikipedia)

JAKARTA- Manusia tampaknya menjadi makhluk hidup yang sangat ahli dalam memusnahkan satwa liar. Dari burung dodo, kodok emas, harimau jawa hingga harimau Tasmania, banyak spesies yang  telah takluk pada perpaduan unik kehancuran yang kita ciptakan. Namun, berapa banyak spesies hewan yang telah punah akibat ulah manusia?

Para ilmuwan tidak memiliki jawaban pasti untuk pertanyaan ini, dan jumlahnya sulit diperkirakan. Namun, jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu.

Mari kita mulai dengan kepunahan yang dikonfirmasi. Sebanyak 777 hewan telah punah sejak awal era modern pada tahun 1500. Ini menurut menurut daftar merah  International Union for Conservation of Nature (IUCN).

 Beberapa kepunahan itu bisa saja terjadi secara alami, tetapi manusia akan memiliki andil dalam hampir — jika tidak semuanya — dari mereka. Ini  mengingat seberapa besar kita telah memengaruhi alam, khususnya selama 500 tahun terakhir. 

Manusia mulai berkontribusi terhadap kepunahan ribuan tahun yang lalu. Jauh  sebelum tahun 1500, tetapi para ilmuwan tidak ada untuk mempelajari kepunahan tersebut dan ada cukup ketidakpastian seputar tingkat kepunahan saat ini. Jadi kita akan fokus pada kira-kira 500 tahun terakhir. 

IUCN telah menilai risiko kepunahan hanya sekitar 5% dari spesies yang diketahui di dunia. Jadi  pasti ada lebih banyak kepunahan yang belum tercatat. Sebuah studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Biological Reviews menunjukkan bahwa sebanyak 150.000 hingga 260.000  spesies mungkin telah punah sejak sekitar tahun 1500. 

Angka-angka tersebut sangat besar, sehingga mengejutkan penulis utama studi tersebut, Robert Cowie , seorang profesor riset di Universitas Hawaii. "Saya berpikir, aduh, apakah saya membuat beberapa kesalahan dalam perhitungan?" kata Cowie kepada Live Science Senin 22 Juli 2024. 

Cowie tidak melakukan kesalahan, tetapi perkiraannya disertai peringatan penting. Untuk menghitung angka tersebut, timnya mengambil sampel acak dari 200 siput darat dan menggunakan studi ilmiah sebelumnya dan konsultasi ahli , untuk menentukan berapa banyak siput yang telah punah. Kemudian, mereka menghitung berapa banyak spesies yang akan punah jika semua spesies yang diketahui mengalami tingkat kepunahan yang sama secara konsisten selama 500 tahun. 

Tingkat kepunahan yang mereka hitung adalah 150 hingga 260 kepunahan per juta spesies per tahun (E/MSY). Dengan  kata lain, 150 hingga 260 kepunahan per tahun untuk setiap juta spesies di Bumi. Cowie juga melihat estimasi kepunahan untuk kelompok satwa liar lainnya, termasuk amfibi dan burung. Estimasinya berkisar antara 10 dan 243 E/MSY, tetapi ada titik yang tepat. 

"Mereka cenderung berkelompok di sekitar 100 [E/MSY]," kata Cowie. "Saya pikir itu nilai yang lebih masuk akal, tidak terlalu konservatif, tetapi tidak terlalu dibesar-besarkan."

Penerapan 100 E/MSY pada metode Cowie 2022 menunjukkan bahwa 100.000 dari sekitar 2 juta spesies yang diketahui telah punah selama 500 tahun terakhir. Namun, hal itu tidak memperhitungkan spesies hewan yang tidak diketahui. 

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Biology memperkirakan bahwa ada sekitar 7,7 juta spesies hewan. Jika kita mengambil angka itu dan mengasumsikan 100 E/MSY selama 500 tahun — dikurangi 3.850 hewan yang diperkirakan akan punah secara alami selama 500 tahun dengan tingkat kepunahan latar belakang 1 E/MSY — perkiraan akhir Live Science untuk jumlah kepunahan hewan yang disebabkan oleh manusia adalah 381.150. Itu perkiraan kasar dan harus diambil dengan sedikit keraguan. 

Harus Hati-Hati

John Alroy , seorang profesor  di Departemen Ilmu Biologi di Macquarie University di Australia tengah berupaya mengukur keanekaragaman hayati dan kepunahan. Ia mengatakan kepada Live Science bahwa ia yakin hampir mustahil untuk menghitung tingkat kepunahan modern. 

"Kita harus sangat berhati-hati dalam mencoba menentukan angka berdasarkan literatur yang ada," kata Alroy. "Menurut saya, kita belum memiliki perkiraan yang pasti tentang tingkat kepunahan saat ini." 

Untuk memahami tingkat kepunahan secara keseluruhan, para peneliti perlu mengetahui berapa banyak spesies yang ada sejak awal, kata Alroy. Tidak hanya sebagian besar satwa liar di dunia tidak diketahui oleh sains, terlepas dari perkiraannya, tetapi juga sering terkonsentrasi di wilayah yang kurang diteliti , seperti daerah tropis. 

Lebih buruk lagi, serangga memiliki lebih banyak spesies daripada kelompok hewan lainnya , namun kita hanya tahu sedikit tentang mereka dibandingkan dengan kelompok hewan yang lebih besar seperti mamalia dan burung. 

Meskipun akan sulit, Alroy mengusulkan untuk memperkirakan tingkat kepunahan menggunakan data museum untuk kelompok hewan tertentu. Ini untuk mewakili kelompok yang lebih besar dan mempelajari berapa banyak spesies yang punah seiring berjalannya waktu. 

Terlepas dari tingkat pastinya, Alroy yakin bahwa manusia memperburuk tingkat kepunahan dan jumlah kepunahan jauh lebih tinggi daripada 777 yang tercatat dalam daftar merah IUCN. 

Berbagai estimasi E/MSY yang diajukan dalam berbagai penelitian sejauh ini juga memiliki satu kesamaan: Semuanya jauh lebih besar daripada tingkat latar belakang alami. Itu cukup untuk mengatakan bahwa manusia merusak keanekaragaman hayati Bumi, menurut Cowie. 

"Baik tingkat kepunahannya 100 E/MSY atau 20 E/MSY atau 200 E/MSY, angkanya tetap tinggi, dan masih sangat buruk," katanya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 23 Jul 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 23 Jul 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories