Masih Bingung Antara Token dan Koin dalam Kripto? Ini Penjelasannya

Jangan Salah, Ini Perbedaan Antara Token dan Koin di Ekosistem Kripto (Freepik)

JAKARTA - Sebelum Anda mantap terjun ke dalam investasi di ekosistem kripto, penting untuk memahami perbedaan antara token dan koin. Meskipun tampak mirip atau serupa, keduanya sebetulnya memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam ekosistem aset kripto.

Untuk memahami keduanya, pertama-tama perlu diketahui terlebih dahulu definisi dan fungsi dari keduanya.

Definisi Token

Token merupakan unit digital yang diterbitkan di atas suatu blockchain. Nilai dari token bisa berasal dari fungsi tertentu atau kemampuannya untuk ditukar dengan aset seperti emas, properti, atau saham. 

Token biasanya diterbitkan pada blockchain pihak ketiga, seperti blockchain Ethereum, dengan standar seperti ERC-20. Berbeda dengan koin, token bukanlah cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ether.

Fungsi Token

Token berperan sebagai alat tukar yang digunakan dalam menjalankan layanan proyek yang menyediakan token tersebut. 

Ada dua jenis utama token: utility token dan security token. Utility token digunakan untuk mendapatkan akses ke layanan atau sebagai alat pertukaran dalam suatu jaringan, sementara security token digunakan untuk mewakili aset keuangan.

Empat prinsip utama yang melekat pada token kripto adalah:

  1. Programmable: Token dijalankan di atas protokol perangkat lunak, dikendalikan oleh smart contract dari blockchain utamanya.
  2. Permissionless: Siapa pun dapat menggunakan token tanpa izin dari pihak manapun.
  3. Trustless: Tidak ada satu otoritas pun yang dapat mengendalikan peredaran token.
  4. Transparency: Seluruh aktivitas yang melibatkan token dapat diawasi dan dicatat oleh siapa pun.

Definisi Koin

Koin, pada dasarnya, adalah aset kripto yang beroperasi di dalam blockchain-nya sendiri dan tidak bergantung pada aset kripto lain. 

Contoh koin pertama adalah Bitcoin (BTC), yang diluncurkan pada Januari 2009. Koin seperti Ethereum (ETH), Binance Koin (BNB), dan Ripple (XRP) juga merupakan contoh koin. Mereka memiliki jaringan blockchain sendiri dan tidak bergantung pada platform lain.

Fungsi Koin

Koin berfungsi mirip dengan uang pada umumnya. Mereka digunakan untuk mentransfer nilai uang dan berfungsi sebagai media penyimpanan nilai atau investasi. 

Koin kripto, terutama Bitcoin, dilihat sebagai alat pembayaran yang setara dengan uang konvensional untuk transaksi pembelian barang dan jasa. Mereka juga mendukung sistem blockchain tempat mereka diterbitkan.

Perbedaan Utama antara Token dan Koin

1. Bentuk dan Ketergantungan Blockchain

Perbedaan mendasar terletak pada bentuk dan ketergantungan blockchain. Koin memiliki blockchain sendiri dan dapat beroperasi secara independen. Sebaliknya, token dibangun di atas jaringan blockchain yang sudah ada dan bergantung pada blockchain tersebut untuk berfungsi.

2. Sistem yang Digunakan

Koin memiliki sistem blockchain sendiri dan mematuhi protokol tertentu. Proses penambangan (mining) umumnya digunakan untuk menambah jumlah koin yang beredar. 

Di sisi lain, token dapat berfungsi sebagai media pembayaran dalam suatu blockchain atau digunakan sebagai pelengkap. Untuk menambah jumlah token, diperlukan proses seperti Initial Coin Offering (ICO).

3. Cara Kerja

Koin seperti Bitcoin awalnya diciptakan sebagai alat pembayaran. Meskipun sekarang dianggap sebagai aset investasi, mereka tetap diakui sebagai alat pembayaran. 

Sementara itu, token memiliki keunggulan tambahan dalam penggunaannya, seperti representasi aset fisik (security token), Non-fungible Token (NFT), atau digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan produk atau jasa di suatu platform (utility token).

4. Aturan Transfer

Koin tidak dapat mentransfer nilainya ke koin kripto lainnya karena menggunakan sistem blockchain yang berbeda. Sebaliknya, sebuah token dapat ditransfer ke token lainnya asalkan keduanya masih berada dalam sistem blockchain yang sama.

5. Pilihan Investasi

Baik koin maupun token dapat dijadikan sebagai objek investasi. Reputasi koin menjadi pertimbangan utama bagi investor dalam memilih aset. 

Koin kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Binance Koin, dan Ripple umumnya menjadi pilihan. Di sisi lain, token kripto seperti USD Coin, USD Tether, Uniswap, dan Chainlink juga populer dalam ekosistem kripto.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Idham Nur Indrajaya pada 16 Feb 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 16 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories