Membludak, Masyarakat di Padang Antusias Ikuti "Sumdarsin"

Terlihat antusiasme warga saat mengikuti gebyar vaksin "Sumdarsin" di Kota Padang, Sabtu (30/10/2021) (Dok. Humas)

Animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 terlihat sangat antusias sekali. Ini terlihat dari banyaknya warga yang telah melakukan pendaftaran di depan stadion GOR H Agus Salim Kota Padang, Sabtu (30/10/2021).

Terpantau sejak pagi sekitar pukul 07.30 WIB, ratusan warga mulai dari lansia hingga anak usia 12 tahun telah hadir untuk mengikuti vaksinasi massal secara gratis tersebut.

Vaksinasi massal dalam momen Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) ini, digelar oleh Polda Sumbar bersama Pemerintah Provinsi Sumbar dan TNI.

Selain vaksin, pada Sumdarsin ini juga ada doorprize, diantaranya sepeda motor, sepeda, mesin cuci, TV dan berbagai macam hadiah menarik lainnya.

Terlihat hadir Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa, SH. S.Ik, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Forkopimda Sumbar, tokoh adat dari LKAAM Sumbar, pejabat utama Polda Sumbar, Kapolresta Padang dan instansi terkait lainnya.

Kegiatan Sumbar Sadar Vaksin ini dilakukan secara serentak, sebanyak 20 gerai yang tersebar di Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Teddy Minahasa menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, yang ikut mendukung program vaksinasi di Sumatera Barat.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, kepada Forkopimda atas peran serta dan dukungan untuk capaian Vaksinasi di Sumatera Barat," katanya, Sabtu (30/10/2021) di Stadion GOR H Agus Salim, Padang.

"Mari sekali lagi kita berikan aplaus untuk seluruh Forkopimda di Sumatera Barat," sambungnya.

Kapolda mengungkapkan bahwa masyarakat Sumatera Barat sangat santun dan religius dan menyambut baik seluruh program-program yang digulirkan oleh pemerintah pusat.

"Masalah ketertinggalan vaksinasi itu adalah hal teknis, dan kita mampu menjawabnya bahwa hari ini kita sudah mencapai capaian yang luar biasa naik lima tingkat," ujarnya.

"Insya Allah sampai akhir November kita (Provinsi Sumbar) bisa berada pada sepuluh besar, dan sampai Desember nanti Insya Allah kita dua besar. Ini optimisme kita," jelas Kapolda menambahkan.

Dirinya juga mengapresiasi terhadap masyarakat yang datang untuk di vaksin, karena sangat baik dalam mendukung program pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Kapolda Sumbar juga berpesan kepada seluruh masyarakat, bahwa acara Sumdarsin ini juga digelar di seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Sumatera Barat. "Proyeksi yang saya hitung hari ini bisa mencapai 143 ribu vaksinasi," ujarnya.

Dirinya berharap, dengan dukungan dari seluruh pihak maka nantinya angka vaksinasi akan bertambah secara ekskalatif. "Ini adalah harapan saya dan harapan dari kita semua," ujar Kapolda Sumbar.

Jenderal bintang dua tersebut berpesan, kepada seluruh masyarakat yang belum melaksanakan vaksin silahkan sampaikan bahwa vaksin itu merupakan kebutuhan dan banyak gunanya.

"Saudara-saudara yang mau umrah tapi belum di vaksin, terpaksa harus ditunda. Mau terbang ke suatu tempat kalu belum di vaksin maka saudara-saudara akan terpending di sana," tuturnya.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa kepada Sumbar Sadar Vaksin akan digelar selama lima kali. "Ini kali yang pertama, kemudian yang kedua sampai kelima akan berpindah tempat dan diseluruh kabupaten kota akan menggelar acara yang sama. Ada Doorprize dan ada Baksos," pungkasnya.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada tenaga vaksinator dari Polda Sumbar, TNI, RSUP M Jamil Padang, RS. Unand.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Mahyeldi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak-pihak yang telah mensukseskan program pemerintah percepatan vaksinasi di Sumbar

"Terimakasih bapak Kapolda Sumbar yang telah memobilisasi kegiatan ini, kepada Danrem, Danlantamal, Danlanud, dan lainnya," ucap Mahyeldi.

(rilis)

 

Editor: Sutan Marajo

Related Stories