Menakjubkan Keindahan Bawah Laut Sumbar

Pulau Pamutusan, Sumatera Barat/Foto: chicwithexplore/Instagram

PADANG - Keindahan bawah laut Sumatera Barat ternyata menyimpan banyak hal yang dapat memukau mata. Selama ini mungkin banyak orang dan bahkan wisatawan yang datang, mengenal indahnya pantai di Sumatera Barat.

Kini dengan adanya keindahan bawah laut itu, wisata menyelam atau snorkeling bisa dilakukan. Kegiatan ini adalah cara sederhana untuk menikmati keindahan bawah laut tanpa harus melakukan selam layaknya diving.

Peralatan yang digunakan ketika ber-snorkeling juga sangat simple, seperti masker selam, snorkel dan kaki katak. Sementara untuk peralatan diving sebenarnya sama, hanya saja pada kegiatan diving membutuhkan tabung oksigen dan baju renang.

Spot Snorkeling dan Diving di Sumbar

Pulau Pagang menjadi salah satu lokasi favorit snorkeling di Sumatera Barat. Pulau ini memiliki pasir putih yang indah dan langsung menghadap ke Samudera Hindia. Selain itu, pulau ini memiliki terumbu karang serta berbagai jenis ikan laut.

Pulau Pasumpahan juga menjadi objek wisata yang wajib disinggahi para pecinta snorkeling. Pulau ini memiliki air laut yang jernih dan bibir pantai yang lebar sehingga menjadikan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Sumatera Barat.

diving mandeh

Pantai Carocok Painan, Pessel menjadi salah satu lokasi snorkeling terbaik di Sumatera Barat. Pantai ini menjadi pusat hiburan bagi masyarakat Painan, namun pada masa liburan, lokasi ini banyak didatangi oleh wisatawan.

Selain menikmati keindahan pantai dan ombaknya, snorkeling menjadi kegiatan yang banyak digemari pengunjung.

Selain memiliki titik snorkeling, Sumbar juga memiliki spot diving kelas dunia. Terutama di Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan dan Padang Pariaman.

Yakni Gosong Laut di perairan Kota Padang yang memiliki keindahan panorama terumbu karang, bahkan penyelam bisa menyaksikan penyu yang biasa lalu lintas di perairan tersebut.

Pulau Air, Kota Padang di mana pada dasar lautnya terdapat bangkai kapal Belanda yang tenggelam pada masa penjajahan. Saat ini bangkai kapal tersebut telah ditumbuhi aneka warna terumbu karang. Selain itu, penyelam juga bisa menyaksikan hiu tutul berukuran besar.

Pulau Pieh, Padang Pariaman memiliki karang dinding terjal bawah laut yang berlapis terumbu karang.

Perairan laut Mandeh, Pesisir Selatan yang juga memiliki dinding bawah laut yang terjal dengan hamparan terumbu karang yang masih alami dan indah. Ini menjadi salah satu panorama yang indah yang bisa dijumpai oleh para penyelam.

Pulau Pandan, Kota Padang selain memiliki keindahan bawah laut juga terdapat benteng peninggalan Belanda di pulau tersebut.

Ada banyak titik snorkeling dan diving di Sumatera Barat yang bisa dinikmati. Itu sebabnya, daerah ini patut menjadi salah satu destinasi yang layak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebab, berbagai objek wisatanya yang begitu komplit, mulai dari kuliner, budaya, sejarah bahkan wisata baharinya.

Sumber: https://sumbar.travel

Bagikan

Related Stories