Menarik, Ini Dia 5 Film Dokumenter tentang Penipuan

Bikin Makin Waspada, Ini Rekomendasi Serial dan Film Dokumenter Tentang Penipuan (Instagram.com/netflixid)

Pembaca KabarMinang.if berikut beberapa rekomendasi serial dan film dokumenter tentang penipuan.

Inventing Anna (2022)

Inventing Anna adalah serial TV yang tayang di Netflix dengan total 9 episode. Serial ini disutradarai oleh Shonda Rhimes dan diadaptasi dari kisah nyata yaitu cerita tentang Anna Delvey.

Anna Delvey adalah seorang penipu yang mengaku bahwa dirinya anak orang kaya dari Jerman. Anna Delvey yang memiliki nama asli Anna Sorokin ini sering menipu orang-orang kalangan atas di New York, bahkan kerap lupa membayar barang-barang yang ia beli dan menipu teman-temannya agar mereka yang membayar tiket pesawat, liburan, pakaian, dan hotel yang ia tinggali.

The Tinder Swindler (2022)

Film dokumenter ini menceritakan sosok Simon Leviev yang sebetulnya bernama asli Shim Hayut. Simon Leviev menipu para wanita melalui platform Tinder agar ia bisa mendapatkan banyak uang dengan cara menggabungkan rekening bersama dengan wanita targetnya.

Para korban Simon Leviev percaya bahwa Simon akan mengembalikan uang yang ia pinjam karena Simon mencitrakan dirinya sebagai anak orang kaya dan memiliki bisnis berlian. Simon juga sering memanjakan para korbannya dengan berbagai fasilitas mewah seperti menaiki pesawat jet.

Fyre (2019)

Fyre adalah suatu film dokumenter yang tayang di Netflix yang mengisahkan soal pesta musik terbesar bernama Fyre Festival. Film dokumenter ini menyorot festival yang dikabarkan akan berlangsung mewah dan fantastis namun ternyata gagal total.

Fyre Festival merupakan festival musik mewah di pulau Great Exuma, Bahama rancangan Billy McFarland dan rapper Ja Rule. Mereka memikat banyak pembeli tiket festival tersebut dengan menayangkan iklan Fyre Festival yang terdapat banyak selebriti ternama seperti Bella Hadid, Hailey Baldwin, dan Kendall Jenner.

Namun, promosi besar-besaran yang dilakukan oleh pihak Fyre ternyata tidak sebanding dengan festival yang diadakan. Semua harapan pembeli tiket Fyre pupus sudah saat mereka datang di pulau yang rencananya akan berisi villa mewah tempat para pengunjung menginap. 

The Puppet Master (2022)

Serial The Puppet Master: Hunting the Ultimate Conman merupakan serial dokumenter yang mengisahkan seorang penipu bernama Robert Hendy-Freegard yang diperankan oleh James Norton. Robert dihukum karena terlibat dalam sejumlah pelanggaran seperti pencurian dan pembunuhan yang kejam. Robert memanipulasi korbannya dan mengaku sebagai seorang agen yang menyamar dan bekerja untuk MI5 yaitu unit intelijen militer Inggris.

Made You Look: A True Story About Fake Art (2020)

Made You Look merupakan film dokumenter tentang kejahatan di Amerika mengenai penipuan seni terbesar dalam sejarah Amerika. FIlm ini berlatar di dunia seni New York yang terobsesi dengan kekayaan. Penipu di film dokumenter ini beraksi dengan cara memalsukan lukisan, dan lukisan tiruannya ternyata berhasil menipu banyak orang di dunia seni. 

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories