Mengatasi Kecanduan Scrolling di Ponsel dengan Cara Efektif

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Scrolling di Ponsel (Freepik.com)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri ponsel adalah salah satu alat yang memudahkan kegiatan kita sekarang setiap hari. Pasalnya, melalui ponsel kita bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berbelanja, belajar, bekerja, dan sebagainya.

Namun seiring dengan kemudahan yang ditawarkan, ponsel juga membuat penggunanya jadi kecanduan untuk menggunakannya secara terus menerus. Seperti yang dilansir dari Becoming Minimalis, pengguna ponsel bisa menyentuh ponselnya sebanyak 2.617 kali setiap hari, dan rata-rata menghabiskan 3 jam dan 15 menit di ponsel mereka setiap hari.

Tentu saja ada dampak negatif yang dapat terjadi karena pemakaian ponsel yang berlebihan ini. Dampak tersebut bisa berupa kualitas percakapan yang berkurang, ingatan hanya terbatas dalam jangka pendek, memengaruhi pola tidur, meningkatkan obesitas, menghasilkan lebih banyak kesulitan, perasaan negatif, dan kekurangan pemulihan emosional pada anak kecil. Selain itu, kecanduan ponsel juga dapat menimbulkan depresi yang mengkhawatirkan.

Untuk menghindari bahaya tersebut, Anda bisa menyimak beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Kecanduan Ponsel Anda

1. Sisihkan Satu Hari dalam Seminggu

Cobalah untuk memilih salah satu hari dalam satu minggu, bisa hari Sabtu atau Minggu, lalu hindari menggunakan ponsel pada hari tersebut. Jika sudah, maka Anda harus membiasakan kebiasaan tersebut.

2. Gunakan Eksperimen Selama 30 Hari untuk Mengatur Ulang Penggunaan Anda

Cara ini sangat membantu untuk mengubah kebiasaan Anda dalam menggunakan ponsel. Hal ini karena bagi sebagian besar orang, penggunaan ponsel ketika tidak sengaja dibatasi, maka akan cenderung mengambil alih semakin banyak waktu luang Anda.

Bahkan, hal itu terjadi secara tidak sengaja dan diam-diam, sehingga Anda tidak akan menyadari bahwa hal itu terjadi.

Maka dari itu, sekarang cobalah untuk mengatur kembali kebiasaan Anda, misalnya dengan hanya menggunakan ponsel ketika ada panggilan atau chat saja. Hindari menggunakan aplikasi lain seperti peta atau kamera apalagi jika Anda hanya di dalam rumah.

3. Jangan Mengisi Daya Ponsel di Dekat Tempat Tidur

Cara terbaik untuk menahan diri Anda untuk menggunakan ponsel adalah dengan mengisi daya ponsel tidak di kamar tidur Anda. 

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak efek negatif dari penggunaan ponsel secara berlebihan. Maka dari itu, Anda perlu ‘menghilangkan’ ponsel dari kamar tempat Anda bersantai terutama di kamar tidur.

4. Tidak Menggunakan Ponsel Saat Berjalan

Christopher Mims seorang kolom teknologi mingguan di The Wall Street Journal menceritakan bahwa pekerjaannya tentu membutuhkan penggunaan teknologi secara konsisten. Namun, untuk menjaga keseimbangan hidupnya agar ponsel tidak mengambil alih hidupnya, ia justru meletakkan ponsel di lemari dapur di akhir hari kerja.

Ketika jam kerja Anda selesai, letakkan ponsel di laci atau kabinet. Ini adalah praktik yang bermanfaat bagi semua orang, tapi mungkin juga sangat penting bagi Anda yang sudah memiliki anak atau pasangan di rumah yang membutuhkan perhatian penuh dari Anda.

5. Ubah Pengaturan Ponsel

Ada beberapa pengaturan ponsel tambahan yang dipercaya dapat mengurangi keinginan Anda untuk menggunakan ponsel. Contohnya seperti mematikan pemberitahuan yang masuk, atur layar menjadi hitam putih, hapus aplikasi yang penuh dengan distraksi dari layar beranda, atur kode sandi yang panjang, gunakan mode airplane, dan nyalakan mode Don’t Disturb.

Itu tadi beberapa cara ampuh yang bisa Anda coba untuk mengatasi kebiasaan kecanduan menggunakan ponsel secara terus menerus.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 01 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories