Mengenal Artis yang Terlibat dalam Pilkada 2024 dan Kiprah Politiknya

Deretan Nama dan Latar Belakang Politik Artis dalam Pilkada 2024 (null)

JAKARTA — Tidak terasa acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) semakin dekat. Pilkada serentak diketahui akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang. Beberapa nama artis nasional tercatat dalam daftar calon pemilihan kepala daerah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, sudah mencatat 1.476 pasangan calon kepala daerah dari setiap wilayahnya.

Proses pendaftaran calon pasangan peserta Pilkada sudah ditutup setelah tiga hari proses pendaftaran, proses pendaftaran yang dibuka dalam rentang waktu 27-29 Agustus telah menetapkan total pasangan calon peserta.

Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Holik, pada Jumat, 29 Agustus 2024 menjelaskan dengan lebih rinci bahwa Provinsi yang akan melakukan Pilkada serentak berjumlah 37 Provinsi. Dari total jumlah pasangan calon kepala daerah yang disebutkan Idham, tersebar mulai dari tingkatan provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia

Idham juga menambahkan rincian pada tiap tingkatannya, dalam tingkatan provinsi yang berjumlah 37 wilayah penyelenggara, terdapat 100 pasangan calon yang mendaftar. Di tingkat kabupaten terdiri dari 415 daerah penyelenggara dengan total 1.095 pasangan calon kepala daerah. Sementara itu, di tingkat kota terdapat 93 daerah penyelenggara dan 272 pasangan calon.

Beberapa nama yang tersohor di Indonesia sebagai selebritis dan artis tidak lepas dari kontestasi politik yang akan berlangsung pada 27 November 2024. Berikut nama-nama artis yang akan maju pada Pilkada serentak 2024.

Deretan Artis yang Berada di Pilkada Serentak 2024

1. Rano Karno

Sosok Rano Karno sudah mendaftarkan diri sebagai calon wakil gubernur (wagub) Jakarta, menjadi pasangan Pramono Anung. Dengan restu dari Partai PDI Perjuangan, pasangan Pramono Anung - Rano Karno resmi mendaftarkan diri di KPU pada 28 Agustus 2024.

Rano Karno atau yang lebih dikenal sebagai si Doel, memang memiliki latar belakang pendidikan politik. Tercatat bahwa beliau adalah sarjana 1 Ilmu Politik Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIP AN).

2. Gilang Dirga

Komedian dan presenter ternama Gilang Dirga juga maju dalam kontestasi politik Pilkada, Gilang maju dalam Pilkada Kabupaten Bandung Barat. Sebagai pasangan calon wakil bupati menemani Didik Agus Triwiyono yang diusung oleh partai Demokrat dan PKS.

Sebelumnya, Gilang Dirga pernah menjadi bakal calon anggota legislatif dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Dapil DKI Jakarta 1. Namun dia dinyatakan tidak lolos menjadi anggota DPR RI, dan PPP gagal memasuki parlemen karena hanya mendapatkan suara 3,87%.

3. Kris Dayanti

Kris Dayanti Trenggono seorang penyanyi yang cukup terkenal dan ternama di Indonesia, mencalonkan diri menjadi kepala daerah Kota Batu sebagai calon wali kota. Pasangan Kris Dayanti dan Kresna Dewanata Phrosakh diusung oleh PDI Perjuangan dan Nasdem sebagai calon wali kota dan wakil wali kota. 

Seperti Gilang Dirga, Kris Dayanti sebelumnya gagal bergabung dalam parlemen Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Pemilu 2024. Meskipun pada Pemilu 2019 ia berhasil menjadi anggota legislatif periode 2019-2024, ternyata hal itu tidak menjamin kemenangannya pada Pemilu 2024.

4. Ronal Surapradja

Ronal Surapradja seorang komedian dan presenter dunia hiburan, kini masuk kedalam dunia politik sebagai calon wakil gubernur Bandung, bersama Jeje Wiradinata sebagai calon gubernur. Saat sebelumnya dia gagal menjadi anggota legislatif di Pileg 2024 yang lalu.

Isu demi isu dilewatkan, dimulai dari isu Ronal akan menjadi calon walikota Bandung, tepat di detik-detik akhir namanya diumumkan sebagai calon wakil gubernur Bandung. Dengan restu dari PDI Perjuangan, Pilkada Bandung akan diwarnai dengan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ilyas Maulana Firdaus pada 31 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 12 Sep 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories