Mengenal Golongan Darah Baru 'Er'

Nampak calon peserta donor plasma tengah melakukan persiapan dan pemeriksaan kesehatan menjelang pengambilan darah dalam acara Gerakan Donor Selamatkan Bersama yang digelar PMI Kota Tangerang bersama Tangcity Mal, Selasa 17 Agustus 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Sejumlah ilmuwan menemukan adanya golongan darah tipe baru. Jarang diketahui di dunia medis, golongan darah ini tergolong sebagai salah satu yang super langka.

Penemuan golongan darah baru ini diketahui setelah para ilmuwan meneliti darah seorang wanita Asal Inggris. Mengutip Wired Sabtu, 8 Oktober 2022, wanita tersebut diketahu baru saja kehilangan bayi yang dikandungnya.

Setelah diteliti, rupanya golongan darah wanita ini memiliki perilaku dan jenis yang sangat langka.

Golongan darah wanita tersebut kemungkinan mendorong sistem kekebalannya untuk menghasilkan antibodi terhadap darah bayinya. Antibodi ini kemudian melewati plasenta dan membahayakan anaknya.

Hal ini membuat darah wanita tersebut bahkan tak cocok dengan darah bayinya sendiri yang saat itu tengah dikandungnya. Benar saja, pada akhirnya  bayi tersebut tak bisa bertahan.

Atas temuan ini, golongan darah yang  baru  ditemukan itu  diberi nama Golongan darah Er oleh peneliti.

Sekadar informasi, temuan golongan darah baru ini akan bermanfaat bagi dokter dan perawat ketika mendiagnosis pasien mereka.

"Menemukan sistem golongan darah baru seperti menemukan planet baru. Ini memperbesar lanskap kehidupan kita," kata peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Saint Louis, Daniela Hermelin seperti dikutip TrenAsia.com jejaring KabarMinang.id

Lebih lanjut lagi, temuan ini menjadikan pencatatan golongan darah ke-44 yang pernah dicatatkan oleh sejarah. Tentunya, selain golongan darah yang umum dalam dunia medis seperti A,B,O,AB, dan Rh. 

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories