Menggiurkan, Ini Sumber Penghasilan Vlogger dan Content Creator di Indonesia

Ilustrasi Vlogger (istimewa)

Saat ini semakin banyak orang yang menjadi content creator dengan membuat konten berbentuk video lalu diunggah di platform YouTube. Tak jarang, banyak juga yang menggaet banyak subscribers dan meraih jumlah tayangan yang banyak.

Beberapa orang dapat menghasilkan pendapatan dari YouTube yang dapat digunakan sampai pensiun, tapi ada juga yang penghasilannya sangat sedikit bahkan tidak akan cukup untuk membayar sewa rumah. Nah, buat Anda yang ingin alih profesi sebagai YouTuber, Anda mungkin bisa mengetahui sumber penghasilan rata-rata YouTuber, yang akan dijelaskan berikut ini.

Pendapatan Iklan

Ini adalah cara utama dan termudah untuk menghasilkan uang bagi seorang YouTuber. Sebuah iklan bisa muncul sebelum video mereka, atau saat penonton menyaksikan keseluruhan iklan atau mengekliknya, maka akan ada sedikit uang yang akan masuk ke celengan YouTuber tersebut. Selama video dari YouTuber tetap relevan dan terus mendapatkan klik, pemilik akun akan terus menghasilkan pendapatan selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.

Tautan Afiliasi

Pendapatan dari iklan tidak selalu menguntungkan. Oleh karena itu, YouTuber harus memiliki cara kreatif lain yang bisa menghasilkan uang. Beberapa YouTuber akan bermitra dengan perusahaan lalu menyertakan tautan afiliasi ke produk yang mereka iklankan di video dalam deskripsi video mereka. Setiap kali seseorang mengeklik tautan itu dan membeli produk, maka YouTuber akan mendapatkan persentase keuntungan sekitar 5% sampai 20%.

Donasi

Beberapa YouTuber yang memiliki penggemar setia menggunakan Patreon yang memungkinkan penontonnya untuk membayar YouTuber favorit mereka. Patreon dibuat untuk membantu para pembuat konten muda dan baru mendanai saluran mereka.

Membuat Merchandise

Beberapa YouTuber ada yang membuat merchandise untuk mendapatkan penghasilan, terutama bagi YouTuber yang sudah memiliki basis penggemar setia.

Sponsor

Sponsor menjadi strategi yang dapat menghasilkan uang bagi para YouTuber yang sudah memiliki subscriber dalam jumlah yang banyak. Ada beberapa perusahaan yang memilih mensponsori YouTuber untuk mempromosikan produk atau campaign mereka.

Nah, itu tadi deretan penghasilan yang bisa didapatkan oleh YouTuber. Tentu saja, hal itu harus diiringi dengan usaha untuk membuat konten yang bagus, relevan, dan diminati oleh penonton. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai
Tags TouTubervloggerBagikan

Related Stories