Menparekraf Dukung Pengembangan Pelaku Ekonomi Kreatif di Padang

Menparekraf RI Sandiaga Uno di Padang, Minggu (29/8/2021). (Dok. infopublik.id)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mendukung upaya menjadikan destinasi di Sumbar, salah satunya Kota Padang menjadi layak jual.

Untuk mewujudkan itu, maka akan ada perhatian lebih untuk menunjang pengembangan pariwisata daerah.

Hal itu dikatakan Menparekraf RI Sandiaga Uno di Padang, Minggu (29/8/2021).

Menurut Sandiaga, pengembangan tersebut akan dikawal atau diawasi langung oleh Kemenparekraf/Baparekraf dalam program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I).

Kemudian ditetapkan menjadi Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia sesuai dengan subsektor ekraf unggulan yang telah ditentukan pada program PMK3I dan selanjutnya didampingi untuk berkolaborasi dengan KaTa Kreatif lainnya yang memiliki subsektor unggulan yang sama, melalui program Jejaring KaTa Kreatif.

Saat ini, sudah 63 kabupaten/kota yang telah mengikuti uji petik dengan subsektor unggulan kuliner, seni pertunjukan, kriya, fesyen, aplikasi dan permainan, musik, seni rupa dan film, animasi dan video. Dan juga telah dilakukan penetapan 10 KaTa Kreatif Indonesia pada tahun 2019.

”Kota Padang yang memiliki potensi besar pada subsektor seni pertunjukan, kuliner, kriya, dan fesyen maka diharapkan para pelaku ekraf dapat terus meningkatkan wawasan dan pemikiran kreatif agar dapat terus berkarya,” tutur Sandiaga, dikutip dari laman infopublik.id, Senin (30/8/2021).

Dengan begitu sehingga ke depan diharapkan dapat membangkitkan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat juga akan segera tercapai.

(rilis)

Editor: Sutan Marajo

Related Stories