Meski Banyak Diskon, Ini Cara Gunakan Paylater dengan Bijak

Ini Cara Bijak Gunakan Paylater Agar Utang Tidak Menumpuk Meski Diskon Besar-besaran (Freepik.com)

JAKARTA - Saat ini Anda tentu sudah familiar dengan fitur paylater yang sering muncul di metode pembayaran pada e-commerce. Opsi pembayaran menggunakan paylater ini juga biasanya terdapat promo menarik seperti gratis ongkir yang memudahkan pengguna saat akan belanja online.

Seperti yang dilansir dari Investopedia, paylater adalah suatu bentuk pembiayaan yang memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian terlebih dahulu lalu membayar secara bertahap.

Paylater sebetulnya memiliki banyak manfaat, seperti dapat dengan mudah digunakan untuk pembelian barang darurat saat dana terbatas. Selain itu, layanan ini juga menawarkan berbagai promo menarik yang memberikan kesempatan untuk berhemat serta tersedia kapan saja, karena proses pengajuan dan aktivasi paylater cenderung mudah dan cepat secara online.

Namun, untuk memastikan bahwa Anda menggunakan paylater secara bijak dan tidak merugikan keuangan Anda, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Cara Gunakan Paylater Secara Bijak

1. Rencanakan Penggunaan

Sebelum Anda yakin menggunakan paylater, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan pembelian tersebut dengan matang dan kemampuan finansial Anda. Rencanakan penggunaan paylater hanya untuk keperluan yang benar-benar darurat dan terukur.

2. Buat Anggaran

Tentukan batasan anggaran yang dapat Anda alokasikan untuk belanja menggunakan paylater. Hal ini akan membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan mencegah pembelian impulsif yang tidak direncanakan.

3. Pilih Penyedia Layanan Terpercaya

Jangan lupa untuk memastikan bahwa penyedia layanan paylater yang akan Anda gunakan terpercaya dan transparan dalam aturan dan ketentuannya. Teliti syarat-syarat pembayaran tagihan dan pastikan Anda sudah memahaminya dengan baik sebelum melakukan transaksi.

4. Bayar Tepat Waktu

Anda harus membayar tagihan paylater tepat waktu atau bahkan lebih awal jika memungkinkan. Hal ini karena keterlambatan pembayaran dapat mengakibatkan Anda terkena denda atau biaya tambahan yang dapat membuat Anda jadi lebih boros. 

5. Monitoring Pengeluaran

Pastikan Anda rutin untuk memantau pengeluaran Anda melalui layanan paylater. Hal ini perlu dilakukan untuk membantu Anda memiliki pemahaman yang lebih jelas mengenai seberapa banyak uang yang Anda belanjakan dan memastikan agar pengeluaran Anda tetap stabil sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan.

Itu tadi beberapa cara bijak menggunakan paylater yang bisa Anda lakukan agar kondisi keuangan tetap stabil dan terhindar dari jebakan lilitan utang.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 12 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories