Meski Libur Nasional, Pelayanan Vaksinasi di Puskesmas-puskesmas Kota Padang Tetap Buka

Pelayanan Vaksinasi di salah satu Puskesmas di Kota Padang, Rabu (20/10/2021). (Dok. Infopublik.id)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengatakan, meski hari ini merupakan hari libur memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, namun pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat tetap dibuka.

Menurut Kadis, masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi dapat mendatangi Puskesmas-Puskemas yang terdekat dari tempat tinggal masing-masing.

"Hari ini 23 Puskesmas di Kota Padang tetap membuka pelayanan vaksinasi, kita menyiapkan satu tim Vaccinator di tiap Puskesmas," ujar Feri Mulyani, seperti dilansir dari laman Infopublik.id, Kamis (20/10/2021).

Kadis menjelaskan, operasional Puskesmas hari ini hanya untuk vaksinasi, sementara pelayanan lainnya libur kecuali Puskesmas yang memiliki unit emergency.

Selain di 23 Puskesmas, pelayanan vaksinasi massal juga dilakukan di Asrama Haji Padang dan Kampus Universitas Eka Sakti.

Kadis menjelaskan, program vaksinasi bagi warga Kota Padang akan terus dilakukan sebagai upaya mempercepat tercapainya Herd Immunity (kekebalan kelompok) bagi warga Kota Padang.

"Herd Immunity dapat terwujud bila 70% dari warga Kota Padang sudah divaksin, saat ini capaian vaksinasi kita sudah mencapai 49,82 persen," imbuhnya.

Dengan dukungan semua pihak dan ditambah meningkatnya kesadaran masyarakat, Kadis optimis target tersebut dapat terealisasi pada akhir tahun 2021.

(MC Padang)

Editor: Sutan Marajo

Related Stories