Mobil Listrik Buatan Jerman Meluncur di GIIAS 2022, Ini Spesifikasinya

Mobil listrik BMW di GIIAS 2022 (null)

BMW Group Indonesia resmi memperkenalkan dua mobil listrik terbarunya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang.

Kedua mobil listrik itu adalah BMW iX, dan BMW i4. Mobil ramah lingkungan besutan Jerman tersebut memiliki spesifikasi baterai, dan motor listrik berbeda, sehingga jarak tempuh, dan tenaganya tidak serupa. 

“Saat ini, BMW Group Indonesia telah memiliki rangkaian kendaraan listrik lengkap baik untuk BMW maupun MINI. Hadirnya BMW iX dan BMW i4 di Indonesia akan hadirkan tolak ukur baru dari sebuah kendaraan listrik mewah,” ujar Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan.

BMW iX dibekali eDrive generasi kelima yang memungkinkan kenikmatan pengalaman berkendara bebas emisi dengan penggerak semua roda elektrik, dan jangkauan jarak yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehari-hari. 

Didukung perangkat masa depan yang mencakup berbagai bidang pengembangan - arsitektur jaringan on-board, perangkat lunak, dan layanan digital. Hasilnya sangat terlihat pada sistem kontrol iDrive generasi terbaru, manajemen energi yang sangat efisien, dan berbagai sistem bantuan pengemudi yang inovatif.

Varian model yang diluncurkan di Indonesia adalah iX xDrive40, memiliki output lebih dari 326 hp, memungkinkannya untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik. 

Motor listrik, transmisi, dan sistem elektrifikasinya sebagai paket yang sangat terintegrasi dalam satu atap. Konstruksi kompak ini menguntungkan efisiensi sistem penggerak. Selain didorong oleh aerodinamis yang dioptimalkan dan desain ringan yang cerdas.

Untuk konsumsi daya listrik iX xDrive40 rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 20 kWh per 100 kilometer. Sel baterai diproduksi sesuai dengan kebutuhan, bedaya 70 kWh dengan jarak tempuh yang diklaim 420 kilometer.

Teknologi pengisian daya yang baru memungkinkan pengisian cepat DC (arus searah) dengan daya yang sangat tinggi, yaitu 200 kW. Hanya butuh 10 menit pengisian untuk jarak tempuh 90 km.

Pengisian daya baterai tegangan tinggi dapat ditingkatkan dari kosong, sampai 80 persen hanya dalam waktu 34 menit.

Sementara untuk BMW i4 eDrive40 dapat menghasilkan tenaga 340 dk dari motor listrik yang berada di roda belakang. Untuk mengajaknya berlari dari kondisi diam ke 100 km per jam hanya butuh waktu 5,7 detik.

Berdasarkan pengujian internal yang mereka lakukan, mobil listrik itu bisa menempuh jarak 580 km saat kondisi baterai penuh. 

Unit penggerak kompak dipasang ke subframe poros masing-masing dengan bantalan elastis. Baterai tegangan tinggi yang sangat tipis dengan tinggi sel hanya 110 milimeter terletak rendah di lantai kendaraan, di mana dipasang pada panel geser aluminium dan subframe gandar depan. Bang Koboi

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories