Momen Langka, Planet Jupiter dan Venus Sedang Berciuman di Langit Malam

Venus dan Jupiter terliahat seperti dalam posisi berdekatan (LiveScience)

Pada Rabu 1 Maret dan Kamis  2 Maret 2023, dua planet terang akan muncul seolah hendak bertabrakan di langit malam. Anda bisa melihat dengan mata telanjang dua objek ini seolah ‘berciuman’.

Keduanya Jupiter, planet terbesar di tata surya, dan Venus, salah satu objek paling terang di langit Bumi, akan berada dalam jarak sekitar setengah derajat satu sama lain. Atau kira-kira selebar satu bulan purnama. 

Selama berminggu-minggu, kedua benda itu semakin dekat satu sama lain. Ini membentuk fenomena yang disebut konjungsi yang terjadi setiap kali dua objek di langit seperti bulan, planet, atau bintang  tampak sangat berdekatan.

Fenomena ini, tentu saja, merupakan tipuan perspektif. Kedua planet terang itu sebenarnya terpisah jutaan mil. Hanya dari sudut pandang kita di Bumi mereka tampak saling bertentangan. Berkat pola orbit Bumi, Jupiter, dan Venus, konjungsi seperti ini terjadi sekitar setahun sekali.

Anda tidak memerlukan teleskop atau teropong untuk melihat dua planet terang itu. Cukup lihat ke barat setelah matahari terbenam, dan kedua objek canoodling akan terlihat dengan mata telanjang. 

Menurut situs saudara Space.com  mereka akan terlihat seperti bintang yang sangat terang.  Jupiter akan bersinar dua kali lebih terang dari Sirius, bintang paling terang di langit. Sedangkan Venus akan menyala enam kali lebih terang dari Jupiter, 

Namun, pengamat langit yang melihat planet melalui teropong mungkin memiliki bonus melihat tiga bulan terbesar Jupiter. Mereka adalah  Io, Ganymede dan Callisto.  (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan
Egi Caniago

Related Stories