NATO Perkirakan Perang Rusia-Ukraina Dapat Berlangsung Bertahun-Tahun

Konflik antara Rusia dan Ukraina berpotensi terus berlanjut hingga bertahun-tahun dan pengaruhi krisis global. (Reuters)

NATO mengkhawatirkan konflik antara Rusia dan Ukraina kemungkinan akan berlangsung selama bertahun-tahun.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan bahwa bantuan senjata canggih yang diterima Ukraina akan mulai menujukkan tajinya dan merebut kembali daerah yang diduduki Rusia. 

“Kita harus siap dengan kenyataan bahwa perang ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Kita harus terus mendukung Ukraina,” ujar Stoltenberg pada media Jerman, Bild am Sonntag, seperti dikutip dari Reuters.

Sampai beberapa bulan sejak invasi dimulai, Ukraina masih belum berhasil memukul Rusia mundur dari wilayahnya. 

Sementara itu, Rusia telah memutus akses jembatan di beberapa bagian negara Ukraina yang digunakan sebagai jalur keluar-masuk bantuan dan pengungsi.

Stoltenberg menambahkan bahwa pihak NATO akan mengirimkan lebih banyak peralatan standarnya untuk membantu Ukraina dan menggantikan persenjataan yang dianggap masih kuno.  

Ia juga memperingatkan dunia untuk bersiap akan kemungkinan harga energi dan pangan yang terus akan naik selama beberapa waktu ke depan sebagai akibatnya. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories