Nelayan Filipina Jual Ikan Marlin Biru Raksasa Senilai Rp22 Juta

(null)

Mark Jun Ruta, seorang nelayan Filiphina berusia 30 tahun terkejut ketika dia menarik kail dari laut Balabac di Palawan pada 22 Februari. Segera dia senang bukan kepalang melihat betapa besarnya ikan yang dia tangkap. Ruta mengangkat ikan marlin biru seberat 270 kilogram.

Kepada Palawan Pers di mengatakan baru pertama kali menangkap ikan sebesar itu karena tangkapan sebelumnya hanya antara 100 hingga 100 kilogram. Menurutnya sangat jarang menemukan tangkapan seperti itu.

Ruta dan keenam temannya kesulitan mengangkat ikan ke perahu mereka karena ukurannya yang besar, tetapi mereka akhirnya berhasil. Rombongan segera mengantarkan hasil tangkapannya ke Puerto Princesa.

Menurut menurut Coconuts Manila, kerja keras mereka terbayar karena marlin biru raksasa dilaporkan dijual seharga US$5,07 hingga US$5,44 per kilo. Jadi mereka menghasilkan sekitar $1.468 atau sekitar Rp22 juta (kurs Rp15.200) dari satu ikan itu.

Beberapa foto yang diunggah Ruta di Facebook terlihat Marlin biru itu memang sangat besar. Bahkan lebih besar dari Ruta. Dalam foto tersebut, Ruta berpose di samping ikan raksasa tersebut, tampak kecil di sampingnya. Dia tampak sangat gembira dengan tangkapan mereka dan bahkan memeluknya dalam satu kesempatan.

Beberapa netizen bereaksi terhadap foto tersebut, mengakui seberapa besar tangkapannya. Banyak yang tidak percaya ukurannya yang besar. Sejumlah netizen pun memberikan ucapan selamat kepada Ruta. Beberapa memuji mereka, mengatakan itu adalah "pekerjaan bagus". (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories