OpenAI Berencana Akan Jadikan GPT Sebagai Merek Dagang

OpenAI Akan Jadikan GPT Sebagai Merek Dagang (null)

OpenAI dikabarkan berencana untuk melindungi haknya atas GPT karena mengklaim sebagai pihak yang pertama menawarkan layanan AI tersebut, contohnya seperti GPT 3 dan GPT 4.

Namun, pesaing ChatGPT dari OpenAI seperti ThreatGPT, DateGPT, DirtyGPT, dan MedicalGPT menjadi rintangan utama bagi OpenAI untuk mendaftarkan GPT sebagai merek dagang. Hal ini karena semuanya baru-baru ini mengajukan merek dagang ke sebuah Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

GPT sendiri sebetulnya adalah singkatan dari Generative Pre-trained Transformer dan menggunakan model pembelajaran mendalam untuk mengembangkan tools AI. Untuk melakukan perlindungan, OpenAI ingin mengubah GPT menjadi merek dagang dan telah mengajukan pada Desember 2022. 

Menurut OpenAI, jumlah pelanggaran dan aplikasi palsu terus bertambah dari hari ke hari. Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut juga semua menggunakan GPT. Sayangnya, aplikasi tersebut ditolak minggu lalu karena pengacara OpenAI gagal membayar biaya.

Namun, seperti yang dilansir dari laman Gizchina, ketua grup praktik merek dagang perusahaan mengatakan bahwa agensi mungkin membutuhkan waktu hingga 5 bulan untuk menyelesaikannya. Namun, tidak ada jaminan bahwa OpenAI akan mendapatkan hak paten GPT. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories