Padang Panjang Siap Buka Peluang Kerja Sama Pendidikan dengan Amerika

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran. (Foto: dok Humas Pemko)

Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, siap buka peluang kerja sama bidang pendidikan dengan Konsulat Amerika Serikat. Hal itu dilakukan ntuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di daerah Serambi Makkah itu.

Hal ini disampaikan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano kepada Konsulat Amerika Serikat untuk wilayah Sumatera, Mr. Gordon S. Church, saat melakukan pertemuan terkait kemungkinan dan potensi kerja sama sektor pendidikan di Kota Padang Panjang, Selasa (25/10) di restoran Hotel Santika, Kota Padang.

Diungkapkan Wako Fadly, sebagai kota pendidikan, sinergi dengan berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan sumberdaya manusia di Kota Padang Panjang. Untuk hal tersebut pihaknya telah melakukan beberapa program di bidang pendidikan.

"Kita telah bekerja sama dengan beberapa platform seperti Guru Binar dan Ruangguru untuk meningkatkan kapasitas pendidik. Selain itu juga ada beberapa program lain bagi siswa. Kita juga telah mengirimkan belasan mahasiswa dalam Summer Program di University of Arizona," ungkapnya dikutip dari press release, Rabu 26 Oktober 2022.

Dalam kesempatan ini, Fadly juga mengundang Gordon untuk dapat hadir dalam event internasional Temu Penyair Asia Tenggara (TPAT) II-2022 yang akan digelar di Kota Padang Panjang pada 30 November hingga 3 Desember mendatang.

Sementara, Gordon berharap adanya kerja sama yang bisa dijalin antara Pemko dan Amerika Serikat melalui Konsulat di Medan untuk meningkatkan kapasitas guru dan siswa di Padang Panjang.

Diungkapkannya, Konsulat Amerika Serikat Wilayah Sumatera berkantor di Medan, bekerja sama untuk 10 Provinsi di Sumatera.

“Peran kami untuk memperluas kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian, serta bekerja sama untuk mitigasi tantangan global seperti deforestasi dan perubahan iklim,” ujarnya.

Editor: Egi Caniago

Related Stories