Patut Dipertimbangkan, Ternyata Ini Sisi Gelap Layanan VPN Gratis

Jangan Mudah Tergiur, Ini Sisi Gelap Layanan VPN Gratis yang Wajib Anda Ketahui (Freepik.com/wayhomestudio)

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang akan memudahkan pengguna memiliki koneksi jaringan yang dilindungi saat menggunakan jaringan publik. VPN dapat mengenkripsi lalu lintas internet dan menyamarkan identitas online Anda.

Oleh karena itu, dengan adanya VPN maka akan mempersulit pihak ketiga untuk melacak aktivitas Anda secara online dan mencuri data Anda. Bahkan enkripsi ini dilakukan secara real time.

Namun, karena berbagai alasan, beberapa orang mungkin termasuk Anda memerlukan layanan VPN secara gratis. VPN gratis memang memudahkan Anda untuk melakukan pekerjaan tanpa harus kehilangan banyak uang. 

Akan tetapi, Anda perlu mengetahui bahwa layanan VPN membutuhkan sumber pendanaan untuk memberikan layanan yang berkualitas. 

Oleh karena itu, menggunakan VPN gratis dapat berisiko. VPN gratis dapat memberikan hasil yang biasa-biasa saja bahkan bisa jadi menggunakan metode yang tidak etis untuk menghasilkan uang.

Kekurangan atau Dampak Negatif dari VPN Gratis

Kekurangan atau Dampak Negatif dari VPN Gratis

Seperti yang dilansir dari laman Gizchina, menggunakan layanan VPN gratis dapat membatasi jumlah data yang dapat dilindungi. Hal ini karena mungkin mereka akan mengurangi jumlah pemeliharaan jaringan yang diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan.

Masalah lainnya adalah VPN gratis kecil kemungkinan memiliki jaringan server global. VPN gratis mungkin juga tidak memiliki perangkat keras untuk mengaktifkan koneksi berkecepatan tinggi.

Tidak hanya itu, karena tidak adanya aliran pendapatan, layanan VPN gratis tidak mampu menciptakan fitur keamanan yang andal terhadap iklan dan ancaman online lainnya.

VPN gratis kecil kemungkinan untuk mengikuti teknologi mutakhir terbaru yang memastikan kinerjanya akan lebih baik dalam banyak hal.

Menggunakan aplikasi juga dapat memaparkan pengguna pada iklan layar penuh yang terinfeksi virus. Alternatifnya, layanan tersebut bisa jadi mengumpulkan sejumlah besar data pribadi Anda di latar belakang untuk dijual ke pemasar.

Itu tadi beberapa sisi gelap penggunaan VPN gratis yang perlu Anda waspadai. Melihat kekurangan atau dampak negatif dari VPN gratis, apakah Anda masih tertarik untuk menggunakannya? (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories