Pekan Pertama Ramadan, 50 Ribu Tiket Ludes Dibeli Pemudik

Ilustrasi penumpang kereta api. Bulan Puasa Baru Dimulai, Warga Sudah Berburu Tiket Arus Balik, Hampir 50 Ribu Tiket Ludes (Antara)

Bulan puasa baru saja memasuki hari kelima, namun masyarakat sudah banyak berburu tiket untuk arus balik. Ada hampir 50 ribu tiket untuk arus balik sudah terjual.

Jumlah ini yang tercatat di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur. Tercatat sebanyak 49.375 tiket kereta api untuk arus balik Lebaran 2023 sudah terjual.

"Hingga hari ini masih tersedia sekitar 36 persen tempat duduk dari 76.800 tempat duduk selama 10 hari masa arus balik Lebaran 2023," kata Plt Manager Hukum dan Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9, Azhar Zaki Assjari, Senin (27/3) dari laman Antara.

Menurutnya, para penumpang sudah berburu tiket arus balik Lebaran 2023 jauh-jauh hari meskipun saat ini masih memasuki pekan pertama bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

"Bahkan pada tanggal favorit dua atau tiga hari setelah Hari Raya Idul Fitri yakni 25-26 April 2023 tercatat jumlah tiket yang terjual mencapai 100 persen, sedangkan pada 24 April 2023 tersisa hanya 10 persen saja," tuturnya.

Ia menjelaskan sebagian besar penumpang melakukan pemesanan tiket melalui KAI Acces atau chanel lainnya secara daring, sehingga kemungkinan jumlah penumpang yang memesan tiket untuk arus balik Lebaran terus bertambah.

"Jika tidak ingin kehabisan tiket kereta api, maka saya imbau masyarakat dapat merencanakan perjalanan arus mudik dan balik Lebaran dengan membeli tiket jauh-jauh hari melalui sejumlah chanel resmi," katanya. (halojatim.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories