Pemko Pariaman Raup PAD Rp250 Juta Selama 8 Hari Objek Wisata Dibuka

Objek Wisata Favorit di Kota Pariaman, Pantai Gandoriah

Selama lebaran 2021, Pemerintah Kota Pariaman raup pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp250 juta lebih dari sektor Pariwisata. Jumlah ini didapat selama delapan hari Pemko Pariaman membuka destinasi wisatanya.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar, mengatakan, PAD yang diperoleh itu tentunya butuh kerja keras, serta komitmen untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Jumlah tersebut berasal dari retribusi tiket masuk sebesar Rp203 juta lebih dan ditambah dengan pemasukan dari parkir Rp52,6 juta, sehingga total PAD Kota Pariaman selama 8 hari libur lebaran, berjumlah Rp256,5 juta lebih," jelasnya dikutip dari situs resmi Pemko Pariaman, Senin 24 Mei 2021.

Ia menyebutkan selama delapan hari itu, Pemko Pariaman mencatat jumlah kunjungan wisatawan mencapai 38.313 orang.

Genius Umar menjelaskan adanya PAD yang terbilang cukup besar itu, bahwa Pemko Pariaman mengambil kebijakan untuk membuka destinasi wisata dengan mengaktifkan retribusi tiket masuk, yang berguna untuk mengetahui jumlah wisatawan dan pengunjung yang datang, sekaligus untuk menggenjot PAD dari sektor pariwisata.

"Awalnya memang kita buka, tapi selelah itu tempat wisatanya kita tutup. Tapi setelah dibuka kembali yakni tanggal 18 Mei, sampai hari ini, tingkat kunjungan mencapai 38.313 wisatawan yang  berwisata ke Kota Pariaman" sebutnya.

Wisatawan yang datang ke Pariaman mendatangi sejumlah objek wisata, seperti Pantai Gandoriah dan Pantai Kata, serta ke Pulau Angso Duo.

"Ada sebanyak 36.260 orang yang berwisata di Pantai, dan 2.053 orang yang ke Pulau Angso Duo, dengan PAD yang terkumpul mencapai Rp203,8 juta lebih," katanya.

Sedangkan untuk Parkir, baik kendaraan roda dua, roda empat dan Bus Pariwisata, pemasukan PAD dari struk Rp32,6 juta lebih dan dari karcis Rp20,7 juta lebih. Total pemasukan dari Parkir berjumlah Rp52,6 juta lebih.

"Semoga dengan menggeliatnya kembali ekonomi dari sektor pariwisata ini, Kota Pariaman dapat kembali meningkatkan laju pertumbuhan ekonominya, yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat," tuturnya.


Related Stories