Penting! Ini Tips Mencegah Aplikasi Penguras Baterai Ponsel Anda

Cara Mencegah Aplikasi Menguras Baterai Ponsel Anda (Freepik)

Ponsel atau smartphone sekarang tampaknya sudah menjadi barang pribadi yang wajib untuk dibawa kemana-mana. Hal ini karena ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan ponsel, mulai dari memesan ojek online, makanan, beli tiket KRL, dan sebagainya.

Tidak mengherankan jika baterai ponsel dituntut untuk bisa terus mendukung fungsi ponsel selama seharian penuh. Namun, hal itu tentu sulit untuk dilakukan, apalagi jika memiliki ponsel keluaran lama atau baterainya mudah habis.

Seperti yang Anda ketahui, saat ini sudah ada banyak aplikasi untuk perangkat Android atau iOS. Namun, pada umumnya kita cenderung untuk menginstall semua aplikasi populer. 

Padahal, untuk merawat baterai di smartphone dengan sebaik-baiknya seharusnya Anda tidak menginstall sembarang aplikasi. 

Beberapa aplikasi memang cukup membantu dan harus dipasang di ponsel. Akan tetapi, ada aplikasi lain yang justru akan menyebabkan baterai ponsel jadi cepat habis.

Aplikasi yang cenderung menyedot baterai secara drastis adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, Snapchat, atau aplikasi kencan online seperti Tinder, Bumble, dan sebagainya.

Untuk mencegah aplikasi-aplikasi tersebut menyedot baterai Anda, Anda bisa melakukan cara berikut ini.

Cara Mencegah Aplikasi Menghabiskan Baterai Ponsel Anda

Cara Mencegah Aplikasi Menghabiskan Baterai Ponsel Anda

Pertama, Anda harus mematikan aktivitas latar belakang atau izin lokasi. Selain itu, Anda juga perlu melakukan tambahan pengaturan, seperti berikut.

  1. Masuk ke menu Pengaturan di smartphone Android Anda.
  2. Buka "Battery” di menu.
  3. Pilih "Optimize battery use" di bawah "Advanced settings" dari menu.
  4. Ketuk "Don’t optimize" setelah memilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan aktivitas latar belakangnya.

(TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Tags HPponselBagikan

Related Stories