Pentingnya VPN dalam Keamanan Ponsel dan Privasi Online Anda

Inilah Pentingnya Penggunaan VPN untuk Ponsel Anda (Freepik)

JAKARTA - Internet saat ini memang menawarkan banyak informasi dan konektivitas, tapi kekhawatiran mengenai privasi, keamanan, dan pembatasan akses justru semakin banyak terjadi.

Oleh karena itu, jaringan VPN telah berkembang dan muncul sebagai alat yang berguna bagi Anda yang ingin mengatasi kerumitan-kerumitan di atas.

Namun, banyak juga pengguna internet yang masih ragu apakah mereka benar-benar membutuhkan VPN atau tidak. Jika Anda mengalami hal yang serupa, Anda bisa menyimak penjelasan soal manfaat VPN berikut ini.

Manfaat Penggunaan VPN

Berikut beberapa kegunaan VPN seperti yang dilansir dari Gizchina.

1. Membuka Geo-blocking

VPN memungkinkan Anda terhubung secara virtual ke server di lokasi lain. VPN akan melewati batasan geografis ini dan memberikan akses ke konten yang tidak tersedia di wilayah saat ini.

VPN ibarat seperti paspor digital yang membuka pintu ke situs web dan platform yang sedang diblokir di wilayah Anda.

2. Mengamankan Perangkat Saat Mengakses Wi-Fi Publik

Wi-Fi gratis yang disediakan di kafe, bandara, atau hotel memang nyaman dan memudahkan Anda untuk mengakses berbagai konten di internet. Akan tetapi, hal itu juga menimbulkan risiko keamanan tersendiri.

Hacker dapat dengan mudah mencegat data Anda yang tidak terenkripsi di jaringan ini. Oleh karena itu, VPN dibutuhkan karena VPN dapat bertindak sebagai perisai yang dapat mengenkripsi aktivitas online Anda dan melindungi informasi Anda yang sensitif.

3. Meningkatkan Privasi

Di era periklanan dan pengumpulan data daya ditargetkan saat ini, penting untuk melindungi privasi online Anda. VPN akan membantu Anda mendapatkan kembali privasi Anda dengan menutupi IP address dan menganonimkan aktivitas online Anda.

Dengan kata lain, VPN akan membantu mencegah ISP dan entitas lain melacak kebiasaan browsing Anda di internet dan membuat profil berdasarkan data Anda.

4. Melindungi Data yang Sensitif

Baik Anda pekerja remote yang mengakses sumber daya perusahaan atau sekadar menangani informasi pribadi secara online, VPN akan menambahkan lapisan keamanan ekstra. 

Dengan mengenkripsi transmisi data Anda, hal ini akan meminimalisir risiko pelanggaran data dan akses yang tidak sah sehingga informasi Anda bisa terlindungi dari serangan penjahat dunia maya.

5. Streaming Konten Tanpa Batas

Platform streaming sering kali menawarkan library konten yang berbeda berdasarkan lokasi Anda. Dengan menggunakan VPN, Anda bisa melewati batasan ini dan mengakses lebih banyak film, TV show, dan dokumenter di manapun Anda berada.

Itu tadi beberapa manfaat menggunakan VPN yang perlu Anda ketahui.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 22 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories