Pertamina dan PLN Menandatangani Perjanjian SPJBTL

Sinergi BUMN, Pertamina dan PLN Menandatangani Perjanjian SPJBTL (ist)

Dalam rangka mendukung bisnis masing-masing perusahaan, dua unit BUMN di Balikpapan melakukan sinergi melalui penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama dan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL). 

Unit tersebut yaitu PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan dan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kaltim Kaltara (UIW Kaltimra). Penandatanganan dilakukan di Kantor RU Unit Balikpapan pada Jumat 23 April 2022.

General Manager KPI Unit Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo mengatakan bahwa selain untuk mendukung proses bisnis masing-masing perusahaan, kerja sama ini juga merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antar BUMN.

"Pertamina dan PLN sama-sama BUMN, oleh karena itu harus bersinergi. Kita memiliki tujuan yang sama, walau proses bisnis dan ladang amalnya yang berbeda," kata Wahyu. Melalui kerja sama ini diharapkan BUMN dapat saling memperkuat.

Secara bisnis, kerja sama ini menurut Wahyu juga akan memberikan dampak efisiensi bagi Pertamina. "Penggunaan listrik akan mengurangi pemakaian energi di RU yang selama ini digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Selain itu pengalihan beban ke jaringan PLN akan menambah cadangan daya listrik Powerplant Pertamina," terang Wahyu.

Program pemakaian sambungan listrik PLN di Unit Balikpapan memang dilakukan secara bertahap. Penyambungan tahap awal dilakukan untuk komplek perumahan, selanjutnya di fasilitas pendukung kilang (laboratorium, workshop dan sebagainya), hingga nanti untuk fasilitas penunjang kilang (jetty dan sebagainya)

"Semoga pelayanan yang diberikan bisa jadi lebih baik, karena Pertamina dan PLN menjadi elemen nadi bangsa untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tandas Wahyu.

Hal senada juga disampaikan oleh GM PLN UIW Kaltimra Saleh Siswanto. "Ini adalah bukti nyata sinergi antar BUMN, Pertamina dan PLN," ucapnya. 

Saleh juga menjelaskan bahwa PLN saat ini juga terus bertransformasi dalam memberikan pelayanan ke pada konsumen. "Kami berterima kasih perjanjian kerja sama ini, dan kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik," tutupnya. 

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories