Petani Asli Papua Peroleh Bantuan Rp1 Miliar dari Pemkab Jayapura untuk Tingkatkan Ekonomi

Tingkatkan Ekonomi Petani, Pemkab Jayapura Beri Bantuan Dana Rp1 Miliar untuk OAP (null)

SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua memberikan dukungan kepada kelompok petani orang asli Papua (OAP). Dukungan itu terwujud dalam bentuk bantuan dana sebesar Rp1 miliar. Bantuan dana tersebut ditujukan untuk membantu meningkatkan ekonomi kelompok petani OAP.

Bantuan tersebut diberikan untuk mengelola lahan tidur seluas 1,5 hektare dengan menggunakan alokasi dana otonomi khusus (Otsus) serta bantuan traktor mini dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura setempat pada Selasa, 14 November 2023. Lahan tidur tersebut akan dikelola oleh kelompok petani OAP Sanda Pai Kampung Dosay, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay dalam rilis pada Rabu, 15 November 2023 di Sentani menyebutkan program pengembangan pertanian tanaman seperti kacang, jagung dan ubi memberikan hasil yang sangat baik.

“Kami sudah melakukan penanaman bibit palawija pertama dan selanjutnya bisa dilanjutkan oleh kelompok Sanda Pai,” ujar Delila seperti dilansir Antara.

Delila berharap agar setelah panen dalam tiga bulan ke depan, lahan tersebut dapat terus dimanfaatkan untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk terus meningkatkan produktivitas serta ekonomi masyarakat.

Delila juga berharap penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Distrik Sentani Barat dapat memberikan pendampingan kepada kelompok petani OAP di area tersebut untuk memastikan usaha yang telah dimulai akan menghasilkan hasil yang baik.

Dia menjelaskan program tersebut bisa menjadi contoh bagi kelompok petani OAP lainnya agar termotivasi melakukan hal yang sama dengan memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki untuk meningkatkan ekonomi.

“Masyarakat yang punya lahan tidur itu bisa disampaikan ke pemerintah melalui distrik, sehingga bisa dibantu dalam meningkatkan produktivitas pertanian,” sebut Delila.

Kepala Distrik Sentani Barat, Yance Samonsabra, mengemukakan alokasi dana Otsus memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat OAP di wilayah tersebut terutama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan melalui sektor pertanian.

Menurutnya, sebelumnya dana Otsus hanya disalurkan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) namun kini telah diteruskan langsung ke tingkat distrik.

“Sehingga usulan dari masyarakat mengenai lahan tidur bisa segera ditindaklanjuti seperti yang saat ini dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat,” sebut Yance.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 15 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories