Presiden RI Jokowi Merayakangan Ultah ke-61, Yuk Keppoin Kado Menariknya

Masuk Usia 61 Tahun, Ini 3 Prestasi Jokowi Selama Jadi Presiden (null)

Presiden ketujuh Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) hari ini berulang tahun ke-61. 

Presiden kelahiran Surakarta ini merupakan anak pertama dari empat bersaudara.

Ia dipilih menjadi Presiden setelah menang dua kali dalam Pilpres melawan Prabowo Subianto. Selama menjadi presiden, apa saja prestasi dan pencapaian yang ditorehkan oleh Jokowi? Berikut daftarnya.

1. Kembalikan Penguasaan Sumber Daya Alam ke Pemerintah Indonesia

Pada periode kepemimpinannya, Jokowi berhasil mengembalikan sejumlah wilayah strategis sumber daya alam yang selama ini dikuasai oleh asing. Salah satunya adalah Blok Rokan.

Seperti diketahui, Blok Rokan awalnya sudah dikuasai oleh perusahaan asal Amerika Serikat, PT Chevron Pasifik Indonesia sejak Indondsia belum merdeka.

Berlokasi di Sumatera Utara, Chevron menambang minyak dan gas bumi dari wilayah tersebut selama kurang lebih 97 tahun. Kini, wilayah tersebut kembali ke tangan pemerintah dan dikelola oleh BUMN.

Selain Blok Rokan, Jokowi juga mengambil alih tambang emas dan tembaga di Papua yang sudah dikuasai oleh perusahaan asal Amerika Serikat, PT Freeport Indonesia.

Sebelumnya, saham Freeport dikuasai oleh Negeri Paman Sam. Namun saat ini, kepemilikan saham lebih banyak dimiliki pemerintah Indonesia yakni kisaran 51%.

2. Genjot Pembangunan Infrastruktur

Selama menjabat presiden, pembangunan infrastruktur di Indonesia tampak lebih cepat. Hal ini dikarenakan Jokowi menganggarkan dana cukup besar di pembangunan Infrastruktur selama periode kepemimpinannya.

Adapun sejumlah infrastruktur yang bisa dinikmati selama kepemimpinan Jokowi antara lain Jalan Tol Trans Jawa, Trans Sumatera, Trans Papua, hingga Trans Sulawesi.

Selain itu, Jokowi juga mempercepat pembangunan bendungan pembangkit guna menyokong penggunaan energi listrik terbarukan di Indonesia.

3. Jadi Tuan Rumah Perhelatan Besar Dunia

Sejumlah perhelatan bergengsi kelas dunia banyak dilakukan di Indonesia selama periode kepemimpinan Presiden Jokowi.

Sebagai contoh, pada 2018 lalu, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pegelaran olahraga se-benua Asia, Asian Games. Selain Asian Games, Indonesia juga menjadi tuan rumah World Cup U-20 yang rencananya bakal dihelat tahun ini.

Tahun yang sama, Indonesia dipilih menjadi tuan rumah forum pertemuan kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU), G-20.  

Editor: Redaksi

Related Stories