Profil Fary Djemy Francis, Calon Ketum PSSI

Fary Djemy Francis (Asabri.co.id)

Fary Djemy Francis menjadi salah satu kuda hitam dalam pencalonan ketua umum PSSI periode 2023-2027. Komisaris Utama (Komut) PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri ini bakal menantang kandidat kuat seperti Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti. 

Fary Djemy Francis ditunjuk sebagai Komut Asabri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, menggantikan Didit Herdiawan pada Juli 2020. Asabri merupakan BUMN yang bergerak di bidang asuransi sosial dan pembayaran pensiun untuk anggota Polri, prajurit TNI dan PNS Kementerian Pertahanan. Politikus Gerindra itu sebelumnya menjabat Ketua Komisi V DPR.

Lalu bagaimana sebenarnya latar belakang Fary Djemy Francis sehingga berani maju dalam kontestasi? Meski kini dipercaya menjadi komisaris salah satu BUMN, Fary sejatinya punya pengalaman di dunia sepak bola. Lelaki kelahiran Watampone, Sulawesi Selatan, itu pernah menjadi Ketua Departemen Sport Intelligent PSSI pada masa kepemimpinan Edy Rahmayadi. 

Fary juga pernah mendaftar sebagai calon ketum PSSI periode 2019-2023 meski akhirnya harus mengakui keunggulan Mochamad Iriawan. Dalam kontestasi sebelumnya, Fary berambisi mendatangkan pelatih kelas dunia sekelas Sven Goran Eriksson apabila terpilih. Dia juga ingin PSSI memiliki kantor tetap bernama “Rumah PSSI”. 

Saat itu Kantor PSSI memang nomaden. PSSI telah berpindah tiga kali sejak 2016 hingga 2019 yakni di Grand Rubina, Kemang serta FX Sudirman. Fary bahkan siap mencarikan lahan untuk membuat proyek tersebut. Nantinya, Rumah PSSI dilengkapi stadion mini, lapangan latihan, hall atau ruangan terbuka luas, hingga kolam renang.

Selain itu, Fary Djemy Francis punya perhatian terhadap sepak bola di pelosok Nusantara. Dia adalah pendiri sekolah sepak bola dan akademi sepak bola Bintang Timur Atambua Nusa Tenggara Timur. Jika lolos verifikasi Komite Pemilihan PSSI, Fary berpeluang head to head dengan Erick Thohir di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 16 Februari 2023. Hal ini tentu bakal menarik perhatian mengingat Fary Djemy Francis adalah anak buah Erick Thohir di pemerintahan. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories