PT Semen Padang di Usia 112 Tahun, Kerja Nyata Mendapat Tempat di Hati Masyarakat

Area perusahaan yang ramah lingkungan. PT Semen Padang dalam operasional nya senantiasa berkomitmen untuk beroperasi ramah lingkungan. Foto: ist

Keberadaan PT Semen Padang hingga di usia 112 tahun ini yang bertepatan jatuh pada hari ini Jumat 18 Maret 2022, telah memberikan banyak manfaat bagi Sumatera Barat khususnya.

Manfaat itu bisa terlihat pada sejumlah kepedulian PT Semen Padang mulai bagi masyarakat di sekitar perusahaan, seperti membantu pertanian, pelaku UMKM, serta pendidikan berupa beasiswa bagi anak-anak kurang mampu.

Kontribusi semacam itu, tidak hanya habis di kawasan perusahaan saja. PT Semen Padang pun terus bergerak ke berbagai daerah di Sumatera Barat.

Tujuan perusahaan kebanggan masyarakat Sumatera Barat ini peduli akan kondisi masyarakat, karena PT Semen Padang berkeinginan agar majunya perusahaan dapat berimbas kepada kesejahteraan masyarakat.

Selain itu hal yang tidak luput dari perhatian dan komitmen PT Semen Padang yakni pelestarian lingkungan.

Buktinya PT Semen Padang berturut-turut meraih proper hijau dari KLHK. Artinya keseriusan PT Semen Padang menjaga lingkungan menjadi sorotan dari pemerintah pusat.

Plt Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar mengatakan selama 112 tahun perjalanannya, PT Semen Padang telah mengalami berbagai periode pasang surut.

Plt Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar. Foto: dok PT Semen Padang

Diakuinya bahwa dalam menghadapi tantangan tidaklah mudah, jatuh bangun untuk tetap mempertahankan eksistensinya.

"Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh insan perusahaan untuk bangkit dan menjadi lebih kuat lagi dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan yang ada di industri persemenan saat ini," kata Asri Mukhtar.

Asri juga mengakatakan PT Semen Padang yang merupakan bagian Semen Indonesia Group, saat ini dihadapkan pada kondisi persaingan bisnis yang sangat ketat.

Hal ini ditandai dengan masuknya para pemain baru yang mengakibatkan pasokan di pasar berlebih (over supply).

"Ditambah lagi Kondisi pasar semakin diperparah dengan pandemi Covid-19 yang datang mendera sejak 2020. Meski begitu, PT Semen Padang pada tahun 2021 alhamdulillah mampu menunjukkan kinerja yang baik. Hal ini tentunya tak lepas dari usaha dan kerja keras insan Semen Padang Group," kata Asri.

Pada momen HUT ke-112 PT Semen Padang ini, Asri berpesan kepada seluruh insan perusahaan untuk menjadikan pencapaian kinerja tahun sebelumnya sebagai lesson Learn dan bahan evaluasi dalam menentukan langkah ke depan.

Untuk itu lah di tahun 2022 ini, diharapkan menjadi momen yang bagus bagi Semen Padang Group untuk 'Rise Stronger'.

"Saya harapkan seluruh insan Semen Padang Group saling berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik. Baik itu sesama Semen Padang Group, dengan anak perusahaan Semen Indonesia Group dan dengan Semen Indonesia. Karena kita semua berada dikapal yang sama untuk tujuan yang sama," ujarnya.

"Kemudian, terus tingkatkan semangat dalam bekerja dan berkarya dalam menciptakan beragam inovasi dan improvement yang memberikan value added, agar seluruh aktivitas berjalan seefektif dan seefisien mungkin untuk keberlangsungan perusahaan yang kita banggakan ini," sambugnya.

Kini hal yang telah diperbuat oleh PT Semen Padang juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak termasuk dari tokoh masyarakat.

Seperti halnya yang dikatakan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubukkilangan Basri Dt Rajo Usali. Sinergi antara PT Semen Padang dengan masyarakat di sekitar lingkungan berjalan dengan sangat baik.

"Banyak bantuan yang diberikan PT Semen Padang untuk masyarakat sekitar. Begitu bila ada terjadi semacam bencana, PT Semen Padang pun menanggapi dengan cepat kondisi itu," katanya, Jumat 18 Maret 2022.

Untuk itu kedepananya PT Semen Padang agar tetap konsiten turut membantu masyarakat.

Basri pun berharap Semen Padang terus memberikan bantuan kepada masyarakat, mulai dari bantuan CSR maupun bantuan lainnya karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Jadi sebenarnya PT Semen Padang telah memantau situasi yang terjadi. Sehingga dengan langkah cepat, bantuan pun datang untuk korban.

Ketua KAN Nagari Limaumanih Syarifudin Dt Bungsu mengatakan perhatian PT Semen Padang terhadap masyarakat lingkungan terutama masyarakat di Nagari Limaumanih sangat besar sama, seperti di Kecamatan Lubukkilangan.

”Di Limau Manih Selatan ada pengerasan jalan sepanjang tiga kilometer lebih, itu dibantu oleh Semen Padang berupa semen sebanyak 4.000 zak semen. Jembatan itu lebih diresmikan pada tahun 2019 dan kini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Syarifudin.

Ia menyampaikan, PT Semen Padang juga telah membantu pembangunan Masjid Jabar Nur di Bancah, Kampung Koto Baru, Limaumanih Selatan. Termasuk bantuan insidentil, jika ada pengurus masjid membangun WC atau membuat riol, dan segala macam.

”Jadi perenana PT Semen Padang memang sangat dibutuhkan," harapnya.

Syarifudin juga berharap, sinergi yang telah terjalin selama ini antara PT Semen Padang dengan masyarakat di sekitar lingkungan terus ditingkatkan.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. Foto: istimewa

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengaku bahwa peran yang dilakukan PT Semen Padang selama ini sangat signifikan dan begitu jelas.

"Jika terjadi musibah dan bencana seperti musibah gempa di Pasaman Barat dan Pasaman, PT Semen Padang juga turun menyalurkan bantuan, itu salah satunya yang patut di apresiasi," sebut dia.

Bahkan Mmlalui dana Corporate Social Responsibility, PT Semen Padang juga melakukan pembinaan pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumatera Barat.

Editor: Redaksi
Tags PT Semen PadangBagikan

Related Stories