Ratusan Pelajar SMP 1 Padang Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Pelajar SLTP 1 Padang saat mendapatkan Vaksinasi Covid-19, Senin (6/9/2021). (Dok. Infopublik.id)

Ratusan pelajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Padang mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Senin (6/9/2021).

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Padang ini dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan belajar tatap muka jika Kota Padang sudah lepas dari status PPKM level 4.

Kepala SMP 1 Padang Junaidi menjelaskan dari 798 siswanya, sekitar 750 orang sudah mendaftar untuk mendapatkan vaksinasi.

"Ada sejumlah siswa yang tidak ikut karena berbagai sebab diantaranya sedang sakit, usia belum genap 12 tahun atau tidak mendapat izin orang tua," terangnya, seperti dikutip dari laman Infopublik.id, Selasa (7/9/2021).

Ia menjelaskan sebelum melakukan vaksinasi, pihak sekolah melalui guru-guru dan wali kelas telah melakukan sosialisasi maupun edukasi terhadap orang tua dan wali murid terkait vaksinasi.

"Masing-masing kelas memiliki WA grup, di sana kita mengedukasi dan berbagi informasi tentang kegiatan sekolah, termasuk tentang vaksinasi," tambahnya.

Selain melakukan edukasi, pihak sekolah juga memberikan surat pernyataan kepada orang tua. Dalam surat pernyataan tersebut orang tua berhak memilih apakah mengizinkan atau tidak mengizinkan anaknya untuk divaksin.

Ia menargetkan sekitar 80 persen siswa dapat divaksin melalui kegiatan vaksinasi massal ini, sehingga dapat tercipta Herd Immunity (kekebalan kelompok) di lingkungan sekolah jika nantinya belajar tatap muka mulai dilakukan.

Sementara untuk siswa yang belum divaksin saat ini karena sakit atau usia belum cukup, menurut Junaidi dapat melakukan vaksinasi susulan jika sudah memenuhi syarat.

"Untuk siswa yang tidak mendapat izin dari orang tua, kita akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi serta imbauan. Jika nanti proses belajar tatap muka sudah dilakukan, maka siswa yang belum divaksin dapat mengikuti pelajaran secara daring," pungkasnya. 

(MC Padang)

Editor: Sutan Marajo

Related Stories