Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Malaysia yang Tak Boleh Dilewatkan

Black Sand Beach Langkawi (hotels.com)

JAKARTA – Malaysia adalah negara tetangga Indonesia yang wilayahnya mencakup sebagian dari Semenanjung Malaysia dan pulau Borneo.

Malaysia juga terkenal dengan pantainya, hutan hujannya, dan pengaruh budaya Malay, Cina, India, dan Eropa yang berpadu. Tidak hanya itu, Malaysia memiliki tempat wisata yang tak kalah indah dan menarik, cocok dimasukkan dalam rencana liburan kalian.

Yuk, simak artikel berikut mengenai tempat liburan seru di Malaysia!

Tempat Wisata Seru di Malaysia

1. Petronas Twin Towers

Perjalanan ke Kuala Lumpur tak lengkap tanpa singgah di menara kembar tertinggi di dunia. Dengan 36 sesi hari yang dapat menampung 40 orang per sesi, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat Kota Kuala Lumpur dari ketinggian dengan tur berpemandu!

Petronas Twin Towers (tripcetera)

Berada pada ketinggian mencapai 170 meter (558 kaki), jembatan layang dua tingkat di Menara Kembar PETRONAS adalah jembatan dua tingkat tertinggi di seluruh dunia. Wisatawan dari berbagai penjuru dunia mengunjungi tempat ini untuk menikmati pemandangan luar biasa kota Kuala Lumpur.

Tempat ini buka dari Selasa hingga Minggu, dan tiket dibagikan pukul 09.00 berdasarkan prinsip siapa cepat dia dapat. Tur berpemandu selama 45 menit akan membawa kalian ke tiga lantai menara, memberikan pengalaman yang lengkap dan tak terlupakan. Tiket juga bisa dibeli sebelumnya melalui pembelian online atau di Konter Tiket di Concourse Level.

2. Sunway Lagoon Theme Park

Nikmati waktu yang menyenangkan di Sunway Lagoon Theme Park, yang terletak di Sunway City. Tempat ini adalah pilihan tepat untuk menciptakan kenangan menyenangkan bersama keluarga dan sahabat!

Sunway Lagoon Theme Park (sunwaylagoon.com)

Sebagai tempat hiburan serba ada dengan lebih dari 90 atraksi yang tersebar di 88 hektar Sunway Lagoon Theme Park menyajikan pengalaman taman hiburan terbaik dalam 6 zona petualangan—Water Park, Amusement Park, Wildlife Park, Extreme Park, Scream Park & Nickelodeon Lost Lagoon—yang merupakan Tema Nickelodeon pertama di Asia.

Yuk, nikmati semuanya dengan memesan tiket secara online!

3. Legoland Malaysia

Jelajahi 8 area bertema luar biasa di Legoland Malaysia Resort's Theme Park.

Apakah kalian ingin menjadi Ksatria yang tak kenal takut, bertemu bajak laut petualang, menjelajahi tanah kuno, atau bahkan diangkut ke seluruh dunia hanya dalam beberapa langkah—kami memiliki sesuatu untuk seluruh keluarga!

Legoland Malaysia (tiket.com)

Tempat ini terletak di 7 Jalan Legoland, Bandar Medini Iskandar Malaysia, 79250 Iskandar Puteri (Nusajaya), Johor, Malaysia. 

Taman Hiburan: 10:00-18:00 (Tutup pada Rabu)

Water Park: 10:00-18:00 (Tutup pada Selasa)

SEA Life: 10:00-18:00 (Buka setiap hari)

Semua Taman Hiburan akan dibuka selama Hari Libur Nasional: 10:00-18:00

4. Batu Caves

Batu Caves terletak di Distrik Gombak, Selangor, sekitar 13 kilometer dari Kuala Lumpur. Tempat ini merupakan situs suci bagi umat Hindu dan terdiri dari tiga gua utama serta beberapa gua kecil di ketinggian 100 meter dari tanah.

Batu Caves (veganderlust)

Gua terbesar disebut Cathedral Cave atau Temple Cave, dengan langit-langit setinggi sekitar 100 meter. Gua kapur ini telah terbentuk sejak sekitar 400 juta tahun yang lalu dan dinamai sesuai dengan Sungai Batu yang mengalir melalui bukit tersebut.

Jika kalian berencana mengunjungi Batu Caves, disarankan menggunakan moda transportasi kereta api. Cukup naik Kereta Komuter, seperti Kereta Tanah Melayu atau KTM Komuter, dengan tujuan Sentul. Tarifnya terjangkau, sekitar 1 ringgit atau sekitar Rp3.000.

5. Perhentian Island

Resor Pulau Perhentian adalah resor pantai yang ideal untuk liburan keluarga santai di Malaysia. Dikelilingi oleh vegetasi hijau yang rimbun, menghadap pantai berpasir putih dan laut biru yang hangat, Pulau Perhentian adalah surga liburan yang tak boleh terlewatkan.

Pulau Perhentian seperti yang biasa disebut oleh penduduk setempat, terkenal sebagai surga laut dan merupakan bagian dari Taman Laut Nasional Malaysia.

Di sekitar Resor Pulau Perhentian, kalian akan menemukan banyak hal untuk dilihat dan dilakukan. Ambillah trek hutan ke bukit di bawah kanopi pepohonan besar, dan kalian mungkin melihat burung hantu liar, kelelawar buah raksasa, atau burung merpati Nicobar.

Perhentian Island (thesandyfeet.com)

Pulau Perhentian terletak di jalur terbang burung migran ini. Kalian juga mungkin melihat biawak yang tidak berbahaya atau bahkan spesies monyet lutong yang unik. Jejak hutan terdekat berjarak kurang dari 100 meter dari resor.

Atau kumpulkan keluarga kalian dan menuju ke laut yang mengundang untuk berenang. Bagi yang menyukai snorkeling, Resort ini terletak strategis, menghadap teluk yang kaya karang. Ekosistem laut di area ini terdokumentasi dengan baik dan dihargai tinggi oleh penyelam snorkeling dan penyelam scuba.

Jika datang antara Juni dan September, mungkin beruntung melihat penyu hijau raksasa bertelur di sepanjang pantai.

6. KL Bird Park

Terletak di Taman Danau Kuala Lumpur yang tenang dan indah, hotel ini hanya berjarak 10 menit berkendara dari pusat kota Kuala Lumpur. Ini adalah rumah bagi lebih dari 3.000 burung lokal dan asing dari sekitar 200 spesies berbeda.

Terbentang sekitar 20,9 hektar dataran lembah yang menghijau, taman ini dibagi menjadi 4 zona; Zona 1 dan 2 membentuk zona terbang bebas; Zona 3 adalah Taman Rangkong dan Zona 4 adalah tempat burung ditempatkan di kandang terpisah dan kandang burung mini.

KL Bird Park (klbirdpark.com)

Salah satu keistimewaan Taman Burung KL yang paling luar biasa adalah di Zona 1, 2 dan 3, burung dibiarkan bebas di kandang burung yang sangat mirip dengan habitat aslinya. Dengan konsep terbang bebas ini, burung dapat berkembang biak secara alami di lingkungan yang unik ini.

Pengunjung akan mendapatkan pengalaman seru menyaksikan burung-burung berwarna-warni dan merdu bertengger dan bergoyang-goyang dengan bebas sambil bersantai di lingkungan yang alami dan indah. Taman Burung KL juga ramah kursi roda dan terkenal sebagai kandang burung walk-in penerbangan gratis terbesar di dunia.

7. KLCC Park

KLCC Park (thegeestravel)

Di dalam kawasan KLCC terdapat KLCC Park, cagar alam perkotaan seluas 50 hektar yang subur. Pengunjung dapat datang untuk menikmati tanaman hijau subur atau berbagai fasilitas taman—mulai dari taman bermain anak-anak seluas dua hektar, kolam rendam, dan jalur jogging hingga tempat berteduh dan bangku, jalan setapak berpola, dan patung.

8. Langkawi

Langkawi merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari 140 pulau, dengan hanya beberapa yang ditempati. Pulau terbesarnya, yaitu Pulau Langkawi, telah diakui sebagai Taman Bumi Dunia UNESCO karena keragaman populasi, terutama populasi liar di wilayah konservasinya.

Langkawi (hotels.com)

Salah satu cara terbaik untuk mengagumi keajaiban ekologi ini adalah melalui Langkawi Sky Bridge yang melintasi atas hutan hujan. Pregnant Maiden, sebuah danau air tawar yang dinamai dengan unik, menawarkan tempat yang sempurna untuk berenang atau bersenang-senang dengan monyet yang lucu.

9. Aquaria KLCC

Terletak di pusat Golden Triangle Kuala Lumpur di bawah Kuala Lumpur Convention Center, Aquaria KLCC merupakan oseanarium mutakhir yang memamerkan lebih dari 5.000 makhluk akuatik dan daratan berbeda dalam habitat alaminya di ruang seluas 60.000 kaki persegi.

Aquaria KLCC (puriandsue)

Menampilkan jalan setapak terowongan transparan sepanjang 90 meter, pameran Living Ocean kami membawa pengunjung berhadapan langsung dengan lebih dari 7 spesies hiu, termasuk hiu Sand Tiger, Pari Manta raksasa, penyu laut, dan kumpulan ikan lainnya.

Pengunjung dibawa dalam perjalanan penemuan untuk belajar tentang biosfer yang beragam di Malaysia dan daerah sekitarnya, mulai dari aliran sungai dan hutan bakau, hingga pantai dan samudra terdalam.

10. Merdeka Square

Dataran Merdeka, juga dikenal sebagai Merdeka Square atau Lapangan Kemerdekaan, adalah tempat yang memiliki nilai sejarah bagi semua warga Malaysia. Lapangan ini sebenarnya adalah lapangan rumput tempat tiang bendera setinggi 100 meter berdiri tegak.

Jadi, apa yang begitu penting tentang lapangan ini dan penghuninya, tiang bendera? Tiang bendera ini, yang tertinggi di dunia, didirikan tepat di tempat di mana bendera Malaysia dikibarkan menandai kemerdekaan negara dari Inggris pada tanggal 31 Agustus 1957.

Merdeka Square (wikipedia.org)

Waktu terbaik untuk mengunjungi Dataran Merdeka adalah pada hari ulang tahun kemerdekaan Malaysia karena pada saat itulah Anda dapat menyaksikan parade Hari Kebangsaan yang berlangsung setiap tahun di sana.

Saksikan pasukan berseragam dan badan-badan nasional berbaris, diikuti oleh pertunjukan budaya dan prosesi karnaval yang berwarna-warni. Jika Anda mengunjungi pada waktu lain, Dataran Merdeka juga menawarkan berbagai acara seperti konser terbuka dan karnaval hampir sepanjang tahun.

Kadang-kadang, lapangan ini bahkan menjadi tempat dimulai dan diakhiri lari maraton internasional. Pada beberapa kesempatan, ini juga menjadi tempat pertandingan kriket.

11. Sultan Abdul Samad Building

Gedung Sultan Abdul Samad tanpa ragu merupakan salah satu bangunan warisan paling menonjol dan berharga di Malaysia serta menjadi landmark sejarah utama dengan sejarah yang bermula pada akhir abad ke-19.

Terletak di seberang Dataran Merdeka dan Royal Selangor Club di Kuala Lumpur, gedung ini diresmikan pada tahun 1897 dan diberi nama sesuai dengan sultan pemerintah Selangor saat itu.

Gedung Sultan Abdul Samad (attractionsinmalaysia)

Gedung ini awalnya digunakan untuk mengkonsolidasikan kantor administrasi oleh pemerintahan Inggris dan dikenal sebagai Government Offices di awal tahun-tahunnya. Gedung ini juga pernah menjadi rumah bagi pengadilan tertinggi Malaysia—Mahkamah Agung Malaysia, Mahkamah Banding, dan Mahkamah Tinggi Malaya.

Gedung ini telah mengalami ujian waktu dan menjadi bagian dari banyak peristiwa sejarah negara, termasuk pernyataan kemerdekaan Malaya yang megah pada 31 Agustus 1957 dan penurunan bendera Union Jack Inggris yang terkenal.

Ini juga menjadi latar belakang parade Hari Kemerdekaan Malaysia yang diselenggarakan setiap tahun di Dataran Merdeka, di mana ribuan warga Malaysia dan turis asing berkumpul untuk merayakan.

Dan Gedung Sultan Abdul Samad adalah tujuan wisata populer. Dengan desain unik yang mencerminkan warisan sejarah Malaysia, gedung ini menjadi latar yang sempurna untuk foto liburan kalian.

Nah, itu dia beberapa tempat liburan seru di Malaysia yang dapat kalian kunjungi bersama keluarga ataupun sahabat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 07 Jan 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 10 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories