Relawan TRC Semen Padang Evakuasi 2 Korban Gempa Cianjur

Relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang turut membantu SAR gabungan saat mengevakuasi korban gempa yang ditemukan di di Desa Cijedil, Cianjur, Jawa Barat, Jumat 25 November 2022 (Foto: Humas PT Semen Padang)

Sebanyak 8 korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang sebelumnya dilaporkan hilang, berhasil ditemukan oleh SAR gabungan. Bahkan, relawan  Tim Reaksi Cepat  (TRC) Semen Padang yang turut serta membantu SAR gabungan, juga ikut mengevakuasi korban gempa yang ditemukan tersebut.

"Untuk hari ini ada 8 korban yang ditemukan. 2 korban di antaranya dievakuasi langsung oleh relawan TRC Semen Padang dari lokasi penemuan ke mobil ambulance," kata Koordinator TRC Semen Padang untuk bencana gempa bumi Cianjur, Saparudin, saat 
dihubungi via handphobne dari Padang, Jumat (25/11/2022) sore.

Saparudin menjelaskan proses pencarian terhadap 8 korban yang sebelumnya dilaporkan hilang akibat gempa yang terjadi Senin (21/11/2022) siang di Cianjur. Kata dia, pencarian yang dilakukan TRC Semen Padang bersama SAR gabungan dipusatkan di longsoran tanah akibat gempa yang berada di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang.

Pencarian dilakukan menggunakan excavator, serta pencarian secara manual memakai alat sekop, cangkul dan juga menggunakan air yang ditembakkan ke tumpukan material longor.  Pencarian dimulai pada pukul 08.00 WIB. Sekitar pukul 09.00 WIB, 2 korban yang  terdiri dari ibu dan anak, berhasil ditemukan.

Setelah korban ibu dan anak dievakuasi SAR gabungan, pencarian terus dilakukan di kawasan tersebut. Sekitar pukul 10.00 WIB, SAR gabungan kembali menemukan 1 korban 1 gempa. Kemudian, sekitar setengah jam setelah korban ketiga ditemukan, SAR gabungan kembali menemukan 1 orang korban lagi dan langsung dievakuasi.

"Kemudian menjelang sore, 4 korban lagi berhasil ditemukan SAR gabungan. Nah, 2 dari 4 korban terakhir yang ditemukan ini, langsung kami dari TRC Semen Padang yang melakukan evakuasi . Pada pukul 16.00 WIB, pencarian korban gempa yang dilaporkan hilang terpaksa dihentikan karena hujan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasi PT Semen Padang, Indrieffouny Indra yang turut hadir mendampingi Menteri BUMN, Erick Thohir dalam kunjungan ke lokasi gempa Cianjur, mengapresiasi relawan TRC Semen Padang yang telah ikut mengevakuasi korban longsor yang sebelumnya dilaporkan hilang.

"Alhamdulillah, satu persatu korban gempa Cianjur yang dilaporkan hilang ditemukan dan TRC Semen Padang turut serta mengevakuasi korban yang ditemukan. Untuk itu, kepada relawan TRC Semen Padang, tetap semangat, teruslah kerja ikhlas, " katanya.

Indrieffouny juga berpesan kepada TRC Semen Padang untuk terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait selama menjalani misi kemanusian di Cianjur, dan berikanlah pelayanan bantuan semaksimal mungkin untuk para korban. "Di samping itu, tetap utamakan keselamatan dan jaga kesehatan," ujarnya.

Editor: Egi Caniago
Egi Caniago

Related Stories