Nasional
Resmi Bekerjasama dengan Kemenparekraf, BRI Garap Potensi Sektor Pariwisata
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melirik potensi ekonomi pariwisata. Tidak tanggung-tanggung, BRI pun menjalinkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), untuk mendukung layanan perbankan di sektor pariwisata.
Direktur Konsumer BRI Handayani mengungkapkan, kerja sama tersebut mencakup berbagai strategi guna melayani pelayanan dan transaksi pembiayaan untuk pelaku ekonomi kreatif.
“BRI berharap dapat mendukung penyediaan layanan perbankan di sektor pariwisata sehingga wisatawan dan pelaku ekonomi kreatif dapat mengakses transaksi dengan mudah,” ujarnya seperti dikutip dari TrenAsia.com
Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dilakukan secara virtual dengan sejumlah poin. Seperti, promosi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) potensial, edukasi tata cara berwisata yang aman di era new normal. Kemudian, pemasaran Tabungan BritAma Rencana Wisata Nusantara yang di-bundling dengan kartu co-branding.
Selain itu, kata Handayani, tabungan tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas asuransi Personal Accident, asuransi perjalanan, dan desain kartu yang dibuat mengikuti tren dan selera generasi anak muda.
Untuk target utama, sasaran ditujukan untuk para milenial yang ingin merencanakan perjalanan wisata. Menurutnya, tabungan tersebut dapat digunakan untuk menentukan jangka waktu installment dan besaran saldo yang dikumpulkan.
Diketahui, BRI dengan Kemenparekraf sebelumnya juga bekerja sama dalam co-branding kartu kredit Wonderful Indonesia. Jumlah pengguna kartu kredit tersebut mencapai 20.000 pengguna hingga Juni 2020.