Saudara Kembarnya Twitter, Bluesky Kini Meluncurkan Aplikasinya di Android

Alternatif Twitter, Bluesky Kini Meluncurkan Aplikasinya di Android (https://blueskyweb.xyz/)

Alternatif Twitter yang dibuat oleh mantan bos Twitter, Jack Dorsey ini bertujuan untuk menciptakan adanya standar terdesentralisasi untuk media sosial. 

Dilansir oleh The Independent, setelah hampir empat tahun usai pertama kali dibuat, aplikasi Bluesky ini akhirnya tersedia untuk diunduh oleh pengguna Android. Akan tetapi, pengguna masih membutuhkan kode undangan khusus untuk mendapat akses penuh.

Aplikasi Bluesky ini memposisikan dirinya sebagai sebuah ‘internet sosial’ yang tidak memiliki pengawasan perusahaan dan bertujuan untuk menawarkan algoritma yang dipersonalisasi serta lebih transparan kepada pengguna yang ingin menyajikan konten.

Jack Dorsey pertama kali mengumumkan adanya Bluesky pada tahun 2019 ketika dia masih bertanggung jawab atas Twitter, di mana ia menugaskan sekelompok lima pengembang untuk membangun standar terdesentralisasi untuk media sosial.

Awalnya pembuatan proyek ini mendapatkan dana dari Twitter. Akan tetapi, saat ini Bluesky telah menjadi perusahaan independen pada tahun 2022 setelah Twitter diambil alih oleh Elon Musk.

Seperti yang diketahui, setelah adanya kontroversi di Twitter setelah diambil alih oleh Elon Musk termasuk PHK massal dan penghapusan tanda centang biru untuk pengguna yang tidak membayar ternyata telah menyebabkan beberapa pengguna mencari platform alternatif.

Seperti yang dilansir dari laman The Independent, Bluesky sejauh ini memiliki lebih dari 50.000 unduhan, menurut metrik dari Google Play Store untuk aplikasi Android, meskipun masih dalam mode khusus undangan.

Aplikasi ini juga sudah tersedia untuk pengguna iPhone setelah diluncurkan di iOS pada bulan Februari, membantu pertumbuhan penggunanya dari sekitar 1.000 anggota baru per hari menjadi lebih dari 2.500. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories