Seekor Beruang Cokelat Memangsa 56 Rusa Kutub

(null)

Seekor beruang cokelat yang terbangun dari hibernasi dan membunuh 38 anak rusa kutub dalam satu bulan. Pada bulan berikutnya beruang itu memangsa 18 rusa muda. Itu artinya dalam dua bulan beruang itu memangsa 56 rusa. Benar-benar predator ganas.

Beruang betina berusia 13 tahun tersebut adalah salah satu dari 15 beruang cokelat yang dilacak sebagai bagian dari penelitian di Swedia utara. Penelitian dilakukan  untuk memahami bagaimana beruang menggunakan lanskap mereka.

Mereka menemukan bahwa beruang mengubah habitat mereka untuk menargetkan anak rusa dan rusa di musim semi. Ruang yang ditempati bervariasi tergantung pada berapa banyak anak sapi yang mereka buru. Beberapa beruang seperti betina yang dilacak tersebut membunuh lebih banyak daripada yang lain.

Mengapa beberapa beruang lebih predator? "Ini pasti kombinasi dari berbagai faktor," kata penulis studi Antonio Uzal Fernandez, dosen senior konservasi satwa liar di Nottingham Trent University di Inggris sebagaimana dikutip LiveScience Jumat 28 Januari 2022.

“Seperti perilaku bawaan yang berkaitan dengan kepribadian (misalnya beberapa orang lebih agresif daripada yang lain).”

Beruang coklat (Ursus arctos) adalah beruang yang paling banyak tersebar di Bumi. Menurut International Union for Conservation of Nature, mereka dapat ditemukan di 45 negara di seluruh Amerika Utara, Eropa dan Asia.

Penelitian baru ini merupakan bagian dari proyek jangka panjang untuk mempelajari kehidupan beruang coklat di Norwegia dan Swedia.

Dalam studi baru tersebut, para peneliti melacak beruang dengan kalung GPS antara 2010 dan 2012 dan mencatat pembunuhan beruang.

Saat periode melahirkan rusa kutub dimulai, beruang coklat di Swedia pindah ke dataran tinggi dan terjal yang disukai oleh rusa kutub muda.  

Mereka kemudian bergerak ke habitat yang digunakan oleh rusa beranak, seperti di dekat hutan gugur. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk berburu anak sapi yang rentan.

Tim memetakan habitat berbeda yang digunakan beruang dan membandingkan tingkat pembunuhan. Beruang disebut "pemangsa tinggi" jika mereka membunuh lebih dari tingkat pembunuhan rata-rata semua beruang yakni 0,4 pembunuhan per hari. Sementara disebut "pemangsa rendah" jika mereka membunuh pada tingkat yang lebih rendah dari itu.

Tim menemukan beberapa perbedaan antara kemana beruang predator tinggi dan rendah pergi. Misalnya, beruang pemangsa tinggi menyukai daerah berhutan yang dihuni lebih banyak rusa daripada daerah terbuka yang dipilih beruang pemangsa rendah.

Delapan dari 15 beruang dianggap sangat predator dan secara teratur membunuh lebih dari 20 anak rusa kutub dan 5 anak rusa dalam satu periode melahirkan.

Beruang tidak seefektif berburu mangsa dewasa yang lebih besar sehingga mereka fokus pada berburu anak sapi sampai Juli.

Setelah periode melahirkan berakhir  mereka bergantung pada buah beri selama sisa tahun sampai memasuki kembali hibernasi.

Rusa kutub semidomestikasi di Swedia dan digiring oleh penduduk asli Sámi. Setiap tahun, orang membunuh beruang sebagai tanggapan atas serangan rusa kutub.

Temuan baru ini dapat membantu para peneliti mengembangkan perkiraan hotspot beruang-rusa kutub potensial untuk membantu mengurangi konflik ini.  

Hot spot dapat menginformasikan pemilik ternak tentang di mana beruang paling mungkin menyerang selama musim melahirkan dan membantu mereka mengambil tindakan pencegahan untuk mengurangi kerugian. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai
Tags Hewan liarBeruangBagikan

Related Stories