Semakin Percaya Diri, Mobil Toyota Paling Laris pada 2022

Toyota Motor Manufacturing Indonesia Terapkan ESG dalam Aspek Lingkungan

Produsen mobil Toyota Motor Corp berhasil mempertahankan gelar sebagai produsen mobil terlaris pada 2022. Gelar yang diraih kali ini menjadikan Toyota sebagai produsen mobil terlaris di dunia selama tiga tahun berturut-turut.

Mengutip Reuters Senin, 30 Januari 2023, Toyota mencatatkan penjualan sebanyak 10,5 juta kendaraan pada 2022.

Adapun penjualan global untuk grup, termasuk unit truk Hino Motors dan pembuat mobil kecil Daihatsu, turun tipis 0,1%. Hal ini dikarenakan rekor penjualan luar negeri sebanyak 8,6 juta kendaraan membantu mengimbangi penurunan 9,6% di pasar dalam negeri yang turun sekitar 1,9 juta unit.

Sedangkan saingan Toyota Group, Volkswagen yang saat ini berada di peringkat kedua Grup melaporkan penjualan terendahnya selama lebih dari satu dekade.

Pada awal bulan ini, Volkswagen membukukan penjualan sebanyak 8,3 juta kendaraan. Kendala utama dari berkurangnya penjualan karena penguncian COVID-19 di China dan perang di Ukraina yang berdampak pada kacaunya rantai pasokan.

Adapun sejumlah kendala terkait pasokan chip disebut tetap ada untuk Toyota. Menurut laporan, produsen mobil Jepang itu mengatakan permintaan yang kuat di Asia dan peningkatan kapasitas produksi serta optimalisasi di Asia dan Amerika Utara membantunya meningkatkan produksi global sebesar 5% pada tahun 2022.

Pada November, Toyota merevisi perkiraan produksinya untuk tahun keuangan saat ini hingga akhir Maret menjadi 9,2 juta kendaraan dari 9,7 juta kendaraan.  (Sijori.id)

Editor: Egi Caniago
Egi Caniago

Related Stories