Semangat Super Friends Makassar Salurkan Ratusan Paket Daging Kurban

Sutan Kampai - Senin, 26 Juli 2021 20:06 WIB
Komunitas suporter PSM Makassar, The Macz Man (atas) dan Red Gank (bawah) antusias berbagi paket daging kurban pada Idul Adha lalu. (sumber: Istimewa)

Antusiasme Komunitas Super Friends Makassar untuk berkurban pada momen Idul Adha 1442 H sangat tinggi. Komunitas yang terdiri dari The Macz Man, Red Gank, dan Laskar Ayam Jantan (LAJ) dari berbagai sektor, ditambah Super Fans Euro Makassar (SEM) ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Hal ini menunjukkan kolaborasi dan kemitraan yang terus dibangun diantara komunitas yang tergabung dalam Super Friends Makassar terjalin dengan baik.

Kelompok Suporter PSM Makassar, The Macz Man menyembelih seekor sapi dan 12 ekor kambing menghasilkan 255 paket daging kurban yang didistribusikan di empat area wilayah Makassar. Sementara itu, Red Gank juga berkurban 12 ekor kambing dan menyalurkan paket daging kurban ke sejumlah lokasi di Kota Anging Mamiri.

LAJ juga tak ketinggalan berpartisipasi dalam kegiatan kurban tahun ini lewat sumbangan 4 ekor kambing. Selain dari kelompok suporter, komunitas Super Friends Makassar lainnya yaitu SEM berkontribusi dengan jumlah 4 ekor kambing.

Bahkan proses penyembelihan hewan kurban dan distribusinya dihadiri para petinggi dari masing-masing komunitas sehingga menambah spesialnya momen Idul Adha tahun ini.

“Antusiasme teman-teman untuk mengikuti kegiatan kurban tahun ini sangat tinggi. Bahkan jumlah hewan kurban yang disumbangkan maupun paket daging kurban yang dibagikan jauh lebih banyak dibanding tahun lalu,” kata Koordinator Super Friends Makassar, Dwi Wijayanto, Sabtu (24/7/2021).

Tak hanya Super Friends, kegiatan kurban di Makassar juga diikuti payung komunitas besar lain seperti Bold Riders dan Komunitas Timur. Total mereka mampu menyumbangkan 3 ekor sapi dan 49 ekor kambing serta membagikan 681 paket daging kurban pada pelaksanaan Idul Adha tahun ini.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’.

Program sosial ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota. Namun dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang berasal dari berbagai hobi, profesi dan pekerjaan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kegiatan oleh Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan kepada masyarakat di 42 kota.

Tebar paket daging kurban inisiatif Kolaborasi KITA 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program yang melibatkan berbagai komunitas top seperti Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya, Rekor MURI pertama adalah Donor Darah Oleh Komunitas Terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah Oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (rilis)

Editor: Sutan Kampai

RELATED NEWS