Siap-siap Google Bakal Menghapus Akun Gmail yang tak Aktif, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi fitur baru Gmail yang bisa menghindari Anda berbagi informasi rahasia secara tidak sengaja

Google beberapa waktu lalu melaporkan akan segera menghapus akun layanannya yang sudah lama tak digunakan, termasuk gmail. Menurut google, akun yang sudah lama tak digunakan lebih rentan terhadap penyalahgunaan.

Adapun sasaran akun yang akan dihapus adalah yang sudah tak digunakan selama 2 tahun. Menurut raksasa teknologi tersebut, email yang sudah lama tak digunakan bisa memicu kejahatan siber.

Rencananya, akun tak aktif akan mulai dihapus per Desember 2023. Sebagai catatan, akun tak aktif atas nama perusahaan atau organisasi tak akan dihapus. Sebab, penghapusan email hanya akan dilakukan terhadap akun gmail gratis.

Perlu diketahui juga, dihapusnya akun gmail akan mengakibatkan akses terhadap aplikasi google lainnya seperti Google docs, Drive, Meet dan Calendar juga tak bisa digunakan. Data yang sudah tersimpan juga tak lagi bisa diakses alias hilang. Selain gmail, layanan lain seperti YouTube dan Docs juga ikut terdampak.

Namun, sebelum melakukan penghapusan akun secara permanen, google tentu akan mengirim pemberitahuan ke akun Anda beberapa bulan sebelumnya.

"Kami akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi akan dikirim ke alamat email utama dan email recovery jika tersedia," tulis google sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari Mashable, Selasa, 23 Mei 2023.

Tips  Agar Email Tak Dihapus

Lebih lanjut, Google memberi tips dan langkah yang bisa Anda lakukan agar gmail Anda tak dihapus oleh Google. Berikut adalah 6 tips yang dijabarkan Google:

1. Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim email.

2. Gunakan Google Drive.

3. Gunakan akun Anda untuk menonton video YouTube, unduh aplikasi di Google Play Store.

4. Instal pencarian Google dan gunakan akun tak aktif untuk mencari informasi.

5. Masuk akun dan gunakan peramban Google untuk masuk ke aplikasi atau registrasi di website.

6. Gunakan akun Google untuk aplikasi berlangganan seperti Google One, publikasi berita, atau aplikasi. 

7. Rutin masuk ke google foto setiap 2 tahun sekali. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan
Egi Caniago

Related Stories