Siap-siap, Pemerintah Akan Tambah 41.000 Megawatt Pembangkit Listrik dalam 10 Tahun

Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Pemerintah berencana menambah pembangkit listrik hingga 41.000 megawatt dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. Taerget ini tertuang dalam rancangan Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Perusahaan Listrik Negara (PLN) periode 2021-2030.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan pemerintah menjamin perencanaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dengan mengedepankan pembangkit energi baru terbarukan (EBT).

“Kami menargetkan dalam 10 tahun ini termasuk 2021, kurang lebih ada 41.000 megawatt tambahan pembangkit,” kata Rida, dikutip dari Antara, Senin, 31 Mei 2021.

Pada tahun ini pemerintah menargetkan penambahan kapasitas energi sebesar 8.915 megawatt yang berasal dari pembakaran batu bara di PLTU mulut tambang sebesar 4.688 megawatt dan pembakaran gas sebesar 3.467 megawatt.

Sedangkan sisanya sebesar 22 megawatt bersumber dari pembangkit tenaga diesel dan sebanyak 737 megawatt bersumber dari pembangkit energi baru terbarukan berupa air, panas bumi, bio hibrid, serta matahari.

Rida merinci sekitar 34.528 megawatt telah selesai didiskusikan dengan PLN, sementara 6.439 megawatt masih dalam tahap diskusi lanjutan.

Target RUPTL 10 Tahun

Dalam penyusunan RUPTL untuk satu dekade ke depan, pemerintah masih mengedepankan pembangunan pembangkit berbahan bakar fosil ketimbang energi baru terbarukan dengan komposisi 52% berbanding 48%.

Berdasarkan aturan yang ada, RUPTL disusun setiap 10 tahun dan bisa dilakukan perubahan apabila dari hasil evaluasi memerlukan perbaikan. Perubahan juga bisa terjadi karena ada diskresi menteri ESDM atau gubenur sesuai dengan kewenangan mereka.

“Intinya draf RUPTL masih berproses, masih diskusi, masih mengidentifikasi beberapa. Banyak yang sudah kami sepakati, tapi ada juga yang memerlukan arahan dari pimpinan,” jelas Rida.

Terdapat sejumlah pokok permasalahan yang harus disesuaikan dalam RUPTL tersebut, yaitu target rasio elektrifikasi 100% pada tahun 2022.

Selanjutnya, pemerintah akan menjaga keseimbangan neraca daya setiap sistem tenaga listrik untuk kecukupan pasokan tenaga listrik.

Selain itu, ada pula pencapaian target bauran energi baru terbarukan 23% mulai tahun 2025 dan menjaga agar biaya pokok penyediaan tidak naik, tidak lagi menambah PLTU batu bara kecuali yang sudah financial closing atau konstruksi.

Pemerintah juga akan merelokasi pembangkit untuk mengurangi over supply di Jawa dan melakukan percepatan interkoneksi dalam pulau dan antar pulau dalam rangka peningkatan keadalan. Kemduian, penurunan biaya pokok penyediaan dan sharing resource energi terbarukan, serta meningkatkan porsi pembangkit energi baru terbarukan menjadi 48 persen.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan dengan besaran kapasitas terpasang saat ini mencapai 63.000 megawatt. Dengan demikian, penambahan 41.000 megawatt dalam 10 tahun ke depan akan membuat total kapasitas terpasang mencapai 100.000 megawatt.

“Penambahan energi baru terbarukan sekitar 16,1 gigawatt atau mendekati 40 persen terdiri dari PLTA, PLTP dan EBT lainnya,” kata Darmawan. (TrenAsia.com)


Related Stories