Simak Rute & Tarif Transportasi Umum untuk Nonton Konser Coldplay di Jakarta

Catat! Ini Rute Transportasi Umum dan Tarif ke GBK untuk Nonton Konser Coldplay ((Dok/ TrenAsia Alvin Pasza))

JAKARTA – Konser Coldplay akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, pada Rabu, 15 November 2023. Namun, jika Anda merasa kebingungan mengenai opsi transportasi umum ke GBK, terutama bagi yang datang dari luar ibukota, jangan khawatir. Untuk informasi lebih rinci, silakan simak artikel ini.

Berkaca pada konser sebelumnya yang dihelat di GBK, transportasi umum diyakini masih menjadi moda akomodasi favorit penonton konser Coldplay. Sebab, dengan telah terintegrasi berbagai landmark Kota Jakarta, moda itu sangat efisien menembus kemacetan ibukota. 

Terlebih konser Coldplay yang diprediksi dihadiri lebih dari 78.000 orang itu akan dilangsungkan pada weekdays,  sehingga dapat dipastikan kawasan GBK akan macet, sekalipun telah dilakukan rekayasa lalu lintas oleh pihak berwenang. 

Sebetulnya, di GBK juga ada area parkir untuk kendaraan pribadi, namun, daripada Anda kecele kehabisan tempat parkir lantaran telah diisi oleh orang lain, sangat disarankan untuk menggunakan moda transportasi umum seperti Transjakarta, Moda Raya Terpadu (MRT), KRL Commuter Line dan masih banyak lagi. 

Selain terhindar oleh macetnya Jakarta, keunggulan tranportasi umum di atas adalah tarifnya yang terjangkau. Jadi, barangkali dari Anda yang ingin berhemat untuk membeli merchandise Chris Martin dkk, menggunakan transportasi umum adalah pilihan yang tepat. Nah, berikut rute dan transportasi umum pilihan untuk menonton konser Coldplay di GBK. 

Transportasi dari Bandara 

Bagi Coldplayers julukan fans Coldplay yang datang dari luar daerah, apalagi baru pertama kali datang ke Jakarta, harus disimak betul panduan ini, supaya tidak nyasar ke GBK setelah keluar dari Bandara Soekarno-Hatta ataupun Halim Perdanakusuma. Perlu dicatat, rute ini adalah rute langsung menuju GBK langsung tanpa menginap di hotel lebih dulu. 

Nah, untuk menuju ke GBK langsung dari Bandara Soekarno-Hatta, Anda dapat mengambil bus Damri dengan rute ke Lebak Bulus atau Blok M. Setelah itu, naik MRT menuju Bundaran HI dan kemudian turun di stasiun Senayan. 

Jika Anda mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Anda dapat keluar dari bandara dan menggunakan layanan ojek online menuju Pusat Grosir Cililitan (PGC). Dari PGC, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki Bus Trans Jakarta koridor 9 menuju Grogol, dan kemudian turun di halte Senayan JCC. 

Lantas berapa tarifnya? Untuk moda transportasi dari Bandara menuju GBK itu sangat variatif. Terlebih jika Anda turun dari Halim Perdanakusuma lantaran harus naik ojek online dulu, namun, untuk tarif MRT atau Transjakarta dapat disimak selengkapnnya di bawa ini. 

Commuter Line

Stasiun KRL terdekat dari GBK adalah Stasiun Palmerah. Jika Anda berangkat dari Bekasi, perlu melakukan transit di Stasiun Tanah Abang untuk mencapai Stasiun Palmerah. Dari Stasiun Tanah Abang, naiklah KRL tujuan Serpong/Parung Panjang dan turun di Stasiun Palmerah.

Bagi penumpang dari KRL Bogor, setelah tiba di Stasiun Manggarai, lanjutkan perjalanan dengan KRL menuju Stasiun Tanah Abang, kemudian turun di Stasiun Palmerah. Penumpang dari Serpong dan Tangerang dapat naik kereta menuju Stasiun Tanah Abang dan turun di Stasiun Palmerah.

Alternatifnya, dari Stasiun Palmerah, Anda juga dapat berjalan kaki atau menggunakan ojek online (ojol) karena jaraknya ke GBK hanya sekitar 3 km. Sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 354 tahun 2020, tarif KRL diatur sebesar Rp 3.000 untuk jarak pertama 25 kilometer dan Rp 1.000 untuk setiap tambahan 10 kilometer berikutnya.

MRT

Melansir laman jakartamrt.co.id, bagi warga Jabodetabek ataupun luar kota yang telah menginap di Hotel dan ingin menuju ke kawasan GBK menggunakan MRT Jakarta. Anda dapat menggunakan Stasiun MRT pada lintasan Bundaran HI-Lebak Bulus. Setelah itu, turun di Stasiun Istora Mandiri. Dari Stasiun Istora Mandiri, Anda hanya perlu berjalan kaki karena stasiun tersebut berlokasi di depan pintu 6 GBK.  

Melansir situs jakartamrt.co.id, tarif MRT Jakarta bervariasi berdasarkan jarak tempuh yang dipilih. Harga tiket MRT Jakarta terbaru 2023 berkisar antara Rp 4.000 hingga Rp 14.000. Dalam hal metode pembayaran, selain bisa membeli kartu MRT terdekat, anda dapat menggunakan Kartu Elektronik Bank seperti Flazz, Brizzi, TapCash, e-Money, dan Jakcard. 

Transjakarta

Untuk mencapai GBK, Anda dapat menggunakan Bus Transjakarta koridor 1 Blok M-Kota atau koridor 3F Kalideres-GBK, dan kemudian turun di Halte Gelora Bung Karno.

Bagi penumpang dari Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, pilihan lainnya adalah naik Bus Transjakarta koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti), lalu transit di Kuningan Barat, dan melanjutkan perjalanan dengan koridor 9C (Pinang Ranti-Senayan).

Penumpang dari Jakarta Timur dapat memilih Bus Transjakarta koridor 7 (Kampung Rambutan-Kampung Melayu) dan turun di Halte Cawang UKI, lalu naik koridor 9C (Pinang Ranti-Senayan).

Untuk penumpang dari Jakarta Utara, opsi yang dapat diambil adalah menggunakan Bus Transjakarta koridor 12 (Tanjung Priuk-Pluit) dan turun di Halte Transjakarta Kota. Setelah itu, naik koridor 1 (Kota-Blok M) dan turun di Halte GBK.

Setelah tiba di Halte GBK, Anda dapat masuk melalui pintu 5 di samping pusat perbelanjaan FX atau pintu 6 jika tersedia.

Melansir situs transjakarta.co.id, Bus Transjakarta memiliki tarif yang berbeda saat pagi hari. Pada jam sibuk pagi hari penumpang yang menaiki Bus Transjakarta hanya dikenakan tarif Rp 2.000. Sama seperti, MRT anda dapat menggunaakan kartu elektornik untuk metode pembayarannya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 13 Nov 2023 

Editor: Redaksi
Tags KonserColdplayBagikan

Related Stories