Solo Dipercaya Jadi Tuan Rumah Kompetisi Robot Bawah Air ASEAN 2023

Panitia mengujicoba robot bawah air yang dapat diakses oleh pengunjung dalam Kompetisi Robot Bawah Air di Kolam Renang Tirtomoyo, Manahan, Solo, 6-7 Mei 2023. Foto diambil 5 Mei 2023. (Istimewa)

Kota Solo didaulat menjadi tuan rumah kompetisi MATE ROV (robot bawah air) ke-4 tingkat ASEAN. Kompetisi yang akan digelar di Kolam Renang Tirtomoyo, Manahan pada 6-7 Mei 2023 itu akan diikuti tim robotika sejumlah sekolah dan perguruan tinggi dari berbagai kota di Indonesia dan Singapura. 

Penanggungjawab kompetisi MATE ROV tingkat ASEAN, Dhadang SBW, mengatakan ini kali pertama kompetisi robot bawah air diselenggarakan di luar Surabaya. Pihaknya berharap kegiatan itu bisa memancing tumbuhnya minat pelajar dan mahasiswa di Solo dan sekitar untuk menekuni rekayasa robotika. 

”Khususnya robot bawah air,” ujarnya kepada TrenAsia.com, Jumat 5 Mei 2023.

Pendiri Sekolah Robot Indonesia, Surabaya itu, menyebut telah banyak bermunculan komunitas dan sekolah-sekolah peminat rekayasa robotika. Namun khusus untuk robot bawah air, dia melihat peminatnya masih belum banyak. 

Menurut dia, kompetisi tingkat lokal atau nasional pun masih jarang. “Bahkan, kompetisi robot bawah air baru tahun ini masuk dalam kalender Kontes Robot Indonesia yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” tuturnya.

Kompetisi tahunan yang dinaungi organisasi nirlaba Amerika Serikat, Marine AdvanceTechnology Education (MATE), ini memperlombakan tiga kelas, yakni Scout (tingkat dasar/SD), Ranger (pelajar SD sampai SLTA) dan Explorer (mahasiswa). Kompetisi tingkat dunia akan digelar pada akhir 22-24 Juni 2023 dan hanya akan diikuti para juara hasil seleksi di 43 regional.

Berbeda dengan tiga kali kompetisi regional yang digelar di Surabaya, penyelenggaraan seleksi di Kota Solo tahun ini akan dimeriahkan dengan pameran produk remotely operated underwater vehicle (ROV) hasil rekayasa Sekolah Robotika Indonesia, Surabaya. Selain melihat dari dekat robot bawah air, para pengunjung akan diberi kesempatan menjajal sebagai pilot.

Koordinator pelaksana kompetisi, Blontank Poer, mengatakan panitia akan menyediakan layar besar untuk menayangkan kondisi yang terjadi di bawah air tanpa harus mendekat kolam sebagai tempat kompetisi. “Sehingga, selain menjajal secara langsung, pengunjung terutama pelajar dan mahasiswa bisa mengikuti proses lomba dari dekat,” ujar Blontank.

Penyelenggara bakal mengundang pelajar dan guru dari berbagai sekolah dan perguruan tinggui di Kota Solo untuk memperkenalkan dan memancing minat pengembangan robot bawah air. Khusus undangan, disediakan waktu untuk mencoba pengoperasian robot pada hari Sabtu dari pukul 09.00 - 12.00 WIB. Sementara, untuk menyaksikan keseluruhan kompetisinya, masyarakat bisa menghadiri pada siang harinya, dan sepanjang hari pada Minggu.  (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories