Sosok Mukesh Ambani: Miliarder dengan Biaya Pernikahan Anak Hampir Rp10 Triliun

Ini Dia Sosok Profil Mukesh Ambani yang Habiskan Hampir Rp10 Triliun Untuk Nikahkan Anak (gqindia)

JAKARTA - Sosok konglomerat Mukesh Ambani baru-baru ini menjadi pusat perhatian setelah menyelenggarakan pesta pernikahan super mewah untuk putra bungsunya, Anant Ambani dengan Radhika Merchant. Pernikahan digelar pada 12 hingga 14 Juli 2024 di Mumbai, India setelah dilangsungkan berbagai rangkaian pesta pranikah.

Berdasarkan data Real Time Forbes, kekayaan Mukesh Ambani tembus US$123,7 miliar atau setara Rp1.993 triliun. Ia merupakan lulusan Institute of Chemical Technology, Mumbai dan melanjutkan pendidikannya di Stanford University, Amerika Serikat (AS).

Mukesh Ambani memimpin dan menjalankan Reliance Industries senilai US$110 miliar, yang memiliki kepentingan di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, ritel, dan jasa keuangan. Bisnisnya itu membawanya menjadi orang terkaya di dunia urutan ke-11.

Reliance didirikan oleh mendiang ayahnya Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang, pada tahun 1966 sebagai produsen tekstil kecil.  Setelah kematian ayahnya pada tahun 2002, Ambani dan adiknya Anil membagi kerajaan keluarga.

Layanan telekomunikasi dan broadband Reliance Jio memiliki lebih dari 470 juta pelanggan. Pada Agustus 2023, Reliance mendaftarkan cabang keuangannya, Jio Financial Services.

Ambani mengubah Reliance menjadi energi ramah lingkungan.  Perusahaan ini akan menginvestasikan $80 miliar selama 10-15 tahun ke depan untuk energi terbarukan dan membangun kompleks baru di samping kilangnya.

Ketiga anak Ambani bergabung dengan dewan Reliance pada tahun 2023. Son Akash mengepalai Jio  putri Isha mengawasi layanan ritel dan keuangan dan putra bungsunya, Anant, berkecimpung dalam bisnis energi.

Pernikahan Anak Bungsunya

Rangkaian pesta pernikahan yang digelar selama berbulan-bulan itu diperkirakan menelan biaya US$600 juta atau setara Rp9,7 triliun. Jumlah itu tidak ada apa-apanya untuk Mukesh Ambani, karena hanya 0,5% dari jumlah kekayaannya.

Rihanna hingga Justin Bieber didapuk sebagai bintang tamu. Sederet pengusaha hingga pemimpin dunia menjadi tamu undangan seperti pendiri Microsoft Bill Gates, Chairman Meta Mark Zuckerberg, CEO Disney Robert Iger, putri mantan Presiden Amerika Serikat Ivanka Trump, mantan Perdana Menteri Swedia Carl Bildt, sampai mantan Perdana Menteri Kanada Stephen Harper.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 16 Jul 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 16 Jul 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories