Strategi Efektif Menjaga Kesehatan Ponsel Anda

Cara Menjaga Kondisi Ponsel Anda Selalu dalam Kondisi yang Prima (Freepik)

JAKARTA - Di era digital seperti sekarang, smartphone kita sudah jadi perangkat yang lebih dari sekadar perangkat untuk berkomunikasi. Ponsel jadi seperti komputer mini yang memudahkan aktivitas sehari-hari namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Akan tetapi, dengan adanya fungsi yang hebat ini tentu muncul tanggung jawab yang lebih besar, yaitu tanggung jawab untuk menjaga gadget berharga ini aman dari bahaya dan bisa mendapatkan nilai jual kembali yang tinggi saat Anda ingin menjualnya untuk membeli perangkat yang terbaru.

Selain itu, ponsel juga sangat rentan terhadap goresan dan retakan. Akan tetapi, apakah sulit untuk menjaga ponsel Anda dalam kondisi yang berkualitas? Ternyata tidak juga.

Maka dari itu, Anda perlu menyimak beberapa cara berikut ini agar kondisi ponsel selalu sempurna.

Cara Menjaga Kondisi Ponsel Agar Tetap Sempurna

1. Gunakan Soft Case

Anda tentu akan terus-menerus membawa smartphone di mana saja, dan kapan saja. Smartphone sering Anda gunakan untuk memotret, terhubung lewat internet, dan menavigasi kehidupan saat sedang sibuk. Akan tetapi, dengan semua kegunaan itu, datang pula risiko munculnya goresan, retak, dan bahkan layar yang hancur. Hal ini karena sekarang sebagian besar ponsel dibuat dari kaca yang indah namun halus sehingga membuatnya jadi sangat rentan.

Akan tetapi, inilah kabar baiknya, menjaga ponsel dalam kondisi yang sempurna justru bisa dengan benar-benar Anda capai. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunakan soft case.

Soft case seperti sebuah baju besi kecil untuk ponsel Anda. Soft case akan menyerap guncangan dari benturan dan tetesan air, menawarkan perlindungan penting pada saat-saat tidak terduga seperti ketika ponsel tergelincir dari tangan Anda.

Soft case juga meningkatkan kemampuan tangan Anda untuk mencengkeram sehingga kemungkinan ponsel terlepas dari tangan bisa lebih kecil. Meski ada cara lain untuk mencegah munculnya goresan, soft case tetap bisa menyediakan pertahanan secara fisik pada ponsel sehingga tidak mudah tergores. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk segera mencari soft case yang terbuat dari bahan seperti kulit, TPU, atau silikon yang sesuai dengan model ponsel Anda.

2. Gunakan Tempered Glass Protector

Soft case adalah pertahanan pertama yang perlu Anda tambahkan ke ponsel. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ponsel yang paling rentan adalah bagian depan, yaitu layar kacanya. Maka dari itu, untuk benar-benar menjaga ponsel dalam keadaan yang baik, Anda perlu menambahkan tempered glass protector.

Tempered glass akan bertindak seperti baju besi untuk tampilan ponsel Anda. Selain itu, tempered glass akan menawarkan perlindungan yang lebih unggul terhadap risiko goresan dan benturan dibandingkan dengan pelindung plastik sehingga menjaga layar Anda tampak sempurna. Tidak hanya itu, tempered glass juga akan terasa lebih enak ketika disentuh, sehingga Anda hampir tidak merasakan adanya perbedaan dari menyentuh layar yang sebenarnya.

3. Lindungi Kamera Ponsel

Banyak casing ponsel yang bentuknya melampaui tonjolan kamera. Akan tetapi, hal itu tidak selalu melindungi kamera ponsel Anda. Maka dari itu, penting untuk menggunakan pelindung lensa kamera.

Penutup tipis dan transparan ini akan menempel pada lensa kamera ponsel sehingga memberikan lapisan pertahanan ekstra terhadap goresan dan benturan. Sama seperti pelindung layar, kaca juga menawarkan ketahanan terhadap goresan yang lebih baik daripada plastik. Oleh karena itu, penting untuk mencari opsi pelindung lensa ultra-thin yang tidak akan mengganggu casing ponsel untuk mendapatkan perlindungan keseluruhan dengan lebih baik.

4. Bersihkan Ponsel Secara Rutin

Melindungi fisik ponsel memang sangat penting, tapi upaya ini tampaknya masih belum cukup untuk menjaga ponsel Anda. Pasalnya, masih ada partikel debu kecil yang dapat menyelinap di antara komponen ponsel Anda dan casingnya dan seiring berjalannya waktu dapat menimbulkan goresan kecil di permukaan ponsel Anda.

Solusi terhadap hal itu tentunya dengan membersihkan ponsel secara rutin menggunakan kain microfiber yang lembut yang dibasahi dengan air biasa untuk menyeka layar ponsel. Hindari menggunakan pembersih berbahan dasar alkohol karena dapat merusak perekat halus pada ponsel.

Selain itu, jika Anda memiliki iPhone, Apple secara khusus juga memperingatkan agar tidak menggunakan produk pembersih yang abrasif karena dapat merusak lapisan oleophobic layar dan membuatnya jadi lebih rentan terhadap goresan.

5. Gunakan Phone Grip

Meski Anda sudah menggunakan casing ponsel yang bagus, ponsel masih bisa terasa sedikit licin terutama untuk model ponsel yang lebih besar. Di sinilah phone grip atau pegangan ponsel bisa berguna.

Aksesori praktis ini dapat ditempelkan di bagian belakang ponsel sehingga memberikan pegangan yang aman dan nyaman. Dengan menggunakan phone grip. Anda tidak perlu bersusah payah mencengkeram permukaan ponsel yang halus dan mengurangi risiko jatuh yang tidak disengaja.

Tidak hanya itu, phone grip akan sangat membantu untuk model ponsel yang lebih besar karena seringkali terasa sulit untuk dipegang. Phone grip tidak hanya meningkatkan cengkeraman tapi juga dapat berfungsi ganda sebagai penyangga, memungkinkan Anda menopang ponsel untuk menonton dengan hands-free. 

6. Gunakan Ponsel Anda dengan Hati-hati

Selain menggunakan aksesori atau tambahan alat seperti di atas, Anda juga tetap perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar kondisi ponsel tetap terjaga.

Hindari membawa ponsel bersama dengan benda lain di tangan yang sama. Hal ini juga dapat menimbulkan risiko ponsel terkena tetesan.

Jangan gunakan ponsel selama melakukan aktivitas tertentu seperti berkebun atau situasi lain yang menimbulkan potensi jatuh yang lebih mungkin terjadi.

7. Hindari meletakkan ponsel di dekat tepi meja atau meja.

Jauhkan ponsel Anda dari kunci atau benda abrasif lainnya di saku Anda karena dapat menimbulkan goresan.

Jika memungkinkan, hindari menggunakan ponsel Anda langsung di atas permukaan yang keras.

Berhati-hatilah dengan port pengisian daya, karena jika Anda ceroboh saat mencoba mengisi daya, maka akan muncul goresan pada konektor yang halus.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi smartphone agar tetap prima dan sempurna.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 26 Jul 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories