Suhu Udara di Thailand 54 Derajat Celcius

Ilustrasi panas ekstrem. (Istimewa)

Sejumlah daerah di Thailand dihantam suhu udara ekstrem sejak akhir pekan lalu. Suhu udara dalam 24 jam sejak Sabtu 22 April 2023 hingga Minggu 23 April 2023 mencapai 43 derajat Celcius di kawasan utara Thailand. Di Ibu Kota Thailand, Bangkok, suhu udara mencapai 40 derajat Celcius. 

Di wilayah Phuket, indeks panas bahkan diprediksi menembus 54 derajat Celcius. Sebagai informasi, indeks panas tidak merujuk pada suhu sebenarnya, melainkan warga bisa merasakan panas seperti kondisi 54 derajat Celcius jika ditambah dengan kelembaban udara.  

Otoritas terkait telah mengimbau warga tetap waspada terhadap suhu tinggi setidaknya sampai sepekan ke depan. Selain itu, pemerintah meminta warga tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Sejumlah warga di Phetcabun, Thailand, mengeluhkan cuaca panas ekstrem di wilayahnya.

Padahal, provinsi tersebut “hanya” memiliki suhu 42,5 derajat Celcius. “Setelah menyalakan AC hingga 20 derajat pun, saya masih berkeringat,” kata seorang warga, Supichaya Jittaleela, pada Associated Press, dikutip TrenAsia, Senin 24 April 2023. 

Meski cuaca ekstrem, Supichaya mengaku tetap mengikuti kampanye politik di luar ruangan. Saat ini ada sekitar 2.000 warga Bangkok yang masih mengikuti kampanye untuk pemilu bulan depan. Warga lain, Rungtip Sangvittayothai, mengaku kini tak bisa lepas dari kipas angin mininya ke manapun beraktivitas. “Sangat-sangat panas,” ujarnya. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Egi Caniago

Related Stories