Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Kesalahan Penggunaan iPhone yang Bikin Cepat Rusak

5 Kesalahan Penggunaan iPhone yang Tak Akan Dilakukan oleh Pakar Apple (Freepik)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri memiliki ponsel memerlukan biaya yang cukup banyak, apalagi ponsel iPhone dari Apple. Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka kerap melakukan kesalahan yang akhirnya membuat iPhone jadi cepat rusak.

Kesalahan yang sangat umum ini dapat menyebabkan masalah yang sangat besar. Oleh karena itu, cobalah menghindari kesalahan tersebut agar iPhone Anda tetap berjalan lancar selama mungkin.

Kesalahan Menggunakan iPhone

1. Menggunakan Kabel Pengisi Daya Non-Apple

Anda mungkin tergoda untuk membeli kabel pengisi daya iPhone non Apple karena lebih murah. Akan tetapi, sebaiknya tahan keinginan Anda tersebut.

Menggunakan pengisi daya umum dapat menyebabkan baterai terisi daya secara berlebihan. Hal itu juga akan memperpendek umur ponsel dan baterai. Jika Anda ingin memperpanjang umur ponsel Anda, maka tetaplah menggunakan kabel pengisi daya dari Apple daripada membeli merek lain.

2. Tidak Menggunakan Case Pelindung

Semua orang tentu menyukai tampilan iPhone tanpa case. Namun, hal itu ternyata dapat menimbulkan masalah tertentu pada iPhone.

iPhone memiliki kaca yang tahan pecah, tapi jika terjatuh dapat membuat ponsel jadi tidak berguna, atau bahkan membuat Anda harus membayar tagihan perbaikan yang mahal.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menghindari perbaikan yang mahal, dianjurkan untuk selalu menggunakan casing pelindung di iPhone. 

3. Mengekspos iPhone pada Suhu Ekstrem

Perlakukan iPhone layaknya seperti anak kecil, yaitu tidak meninggalkannya di dalam mobil yang sangat panas atau dingin. Selain itu, hindari meninggalkannya di bawah sinar matahari langsung atau di suhu yang super dingin.

Cuaca panas dan dingin yang ekstrim dapat memperpendek umur ponsel karena sirkuit halus di dalam ponsel tidak dirancang untuk tahan terhadap kondisi cuaca ekstrim. Selalu bawa ponsel Anda dan simpan saat Anda sedang berada di dalam cuaca ekstrem.

4. Tidak Mencadangkan Informasi Menggunakan iCloud

Meski iPhone adalah perangkat yang cukup andal, teknologinya tidak sempurna dan memiliki celah untuk gagal kapan saja. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mencadangkan informasi Anda ke iCloud untuk menyimpan data jika terjadi kegagalan perangkat. Hal itu juga akan memudahkan Anda beralih ke ponsel yang baru.

5. Menggunakan Tisu Desinfektan untuk Membersihkan Ponsel

Tidak ada seorang pun yang menyukai adanya kuman di iPhone. Hal itulah yang membuat mereka kerap menyeka ponsel menggunakan desinfektan.

Meski begitu, perlu Anda ketahui bahwa cara tersebut justru akan merusak ponsel. Jika Anda ingin memiliki ponsel yang bebas kuman, Anda bisa menggunakan phone Soap atau sinar UV untuk menghilangkan semua kuman. Sinar UV bahkan bisa membersihkan ponsel sambil mengisi daya secara bersamaan.

Itu tadi beberapa kesalahan menggunakan iPhone yang seharusnya Anda hindari.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 15 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories