Tak Hanya Kurangi Kecemasan, Ini 3 Manfaat Puasa Digital yang Harus Anda Ketahui

Ketahui Manfaat Utama Puasa Digital untuk Kesehatan (Freepik)

JAKARTA - Saat ini penggunaan smartphone dan media sosial tampaknya sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Namun ternyata di tengah perkembangan pesat teknologi dan kebiasaan hidup modern, puasa digital atau digital detox dianggap semakin diperlukan untuk menjaga kesehatan. Puasa digital sendiri merupakan praktik mengurangi ketergantungan pada perangkat digital, seperti ponsel, tablet, dan komputer, untuk jangka waktu tertentu. 

Praktik tersebut diyakini tidak hanya memberikan dampak positif pada aspek psikologis, tetapi juga membawa manfaat besar bagi kesehatan secara keseluruhan. Melansir Dr. Axe, berikut adalah sejumlah manfaat kesehatan dari puasa digital.

Manfaat Puasa Digital atau Digital Detox

1. Mengurangi kecemasan

Penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menambah stres dan meningkatkan tingkat kecemasan serta depresi. Memutuskan sambungan perangkat untuk beberapa waktu dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental. 

Kecemasan sendiri dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti sakit kepala, gangguan tidur, dan peningkatan detak jantung yang bisa berujung pada penyakit jantung, maka penting untuk memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk mengurangi timbulnya kecemasan salah satunya dengan puasa digital .

2. Meningkatkan fokus otak

Menghentikan kebiasaan multitasking dan fokus pada satu tugas memberikan manfaat optimal pada kinerja otak. Praktik multitasking, yang melibatkan perpindahan fokus antar aktivitas dengan cepat, secara negatif memengaruhi kemampuan kognitif. 

Riset menunjukkan individu yang terlibat dalam multitasking lebih cenderung mengalami tingkat stres dan tingkat impulsivitas yang lebih tinggi, mungkin karena peningkatan produksi hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. 

Memutuskan koneksi dari teknologi memungkinkan Anda untuk berlatih mindfulness, mengalihkan perhatian sepenuhnya pada momen sekarang yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan untuk fokus pada tugas tertentu, sehingga meningkatkan daya ingat dan pemrosesan informasi yang lebih cepat.

3. Menambah jam tidur

Penggunaan perangkat sebelum tidur mengganggu kualitas tidur karena cahaya biru dari layar. Cahaya ini membuat otak menganggapnya sebagai siang hari, mengurangi produksi melatonin dan menghambat tidur yang nyenyak untuk peremajaan tubuh.

Kurangnya melatonin tidak hanya memengaruhi tidur, tetapi juga berperan dalam masalah kesehatan seperti penurunan harapan hidup, peningkatan berat badan, kerentanan terhadap penyakit, dan dampak negatif pada suasana hati. Mengurangi penggunaan ponsel dapat meningkatkan kualitas tidur dan berpotensi memperbaiki retensi memori.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 02 Jan 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 03 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories