Tambah Aman, Fitur Baru WhatsApp Beta Dapat Cegah Screenshot pada Foto Profil

Fitur WhatsApp Beta Terbaru Akan Mencegah Pengguna Screenshot Foto Profil (Ist)

JAKARTA - WhatsApp adalah salah satu platform perpesanan paling populer secara global. Bahkan, aplikasi chat ini juga sangat populer digunakan oleh masyarakat Indonesia.

WhatsApp tampaknya juga terus membuat kemajuan dalam meningkatkan privasi pengguna dengan rutin mengeluarkan update atau pembaruan.

Seperti yang dilansir dari laman HT Tech, perusahaan tersebut juga telah memperkenalkan fitur baru yang bertujuan untuk melindungi gambar profil pengguna WhatsApp dengan mencegah tangkapan layar atau screenshot di dalam aplikasi WhatsApp beta.

Langkah tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan WhatsApp untuk memprioritaskan privasi dan keamanan pengguna.

Pembaruan Terkini dari WhatsApp Beta

Sebelumnya WhatsApp telah menonaktifkan opsi bagi pengguna untuk menyimpan atau mengunduh foto profil orang lain. Namun, kini WhatsApp tampaknya telah mengambil langkah lebih jauh lagi dengan menerapkan mekanisme yang mampu memblokir kemampuan mengambil tangkapan layar foto profil.

Saat pengguna mencoba mengambil screenshot foto profil pengguna lain, di layar akan muncul pesan peringatan yang menunjukkan bahwa tindakan tersebut dilarang karena pembatasan yang dilakukan oleh aplikasi.

Menurut laporan WABetaInfo, lapisan perlindungan tambahan ini bertujuan untuk mencegah pengguna yang tidak berwenang untuk mengambil dan membagikan foto profil tanpa izin.

Penting untuk dicatat bahwa WhatsApp saat ini tidak memberitahu pengguna jika seseorang mencoba mengambil screenshot dari foto profil mereka. Selain itu, fitur tersebut juga hanya tersedia dalam aplikasi versi beta untuk pengguna Android.

Mungkin masih diperlukan waktu beberapa saat sebelum fitur ini diluncurkan ke versi aplikasi yang lebih stabil yang digunakan oleh miliaran pengguna di seluruh dunia.

Meski pembaruan ini mungkin memberikan rasa aman bagi sebagian pengguna, penting untuk diketahui bahwa tidak ada tindakan keamanan yang mudah dilakukan. Walaupun tidak dapat mengambil screenshot foto profil WhatsApp di dalam aplikasi, pengguna masih dapat mengambil tangkapan layar foto profil tersebut menggunakan metode alternatif, seperti memotretnya melalui perangkat lain.

Untuk lebih meningkatkan pengaturan privasi, pengguna WhatsApp dapat menyesuaikan siapa yang dapat melihat foto profil mereka dari menu Settings aplikasi di bawah Privacy Settings. Dengan menyesuaikan pengaturan tersebut, pengguna dapat mengontrol siapa saja yang memiliki akses ke informasi mereka sehingga mengurangi risiko pembagian informasi tanpa izin.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur WhatsApp beta terbaru yang melarang pengguna mengambil tangkapan layar atau screenshot foto profil pengguna lainnya. Apakah Anda setuju?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 22 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories