Temuan Pertama Trojan Mengancam Pengguna iPhone, Ini Cara Menghindarinya

Waspada! Trojan iPhone Pertama Ditemukan (iBox)

JAKARTA - Anda tentu sering mendengar alasan orang lebih memilih iPhone daripada Android adalah karena keamanannya yang dipercaya lebih baik. Jika Anda mencermati berbagai laporan keamanan, Anda memang akan sering menemukan riwayat kasus malware dan virus Android yang menyebabkan kerusakan.

Namun, tidak ada laporan mengenai kasus serupa untuk perangkat iOS. Namun, segalanya berubah karena baru-baru ini seperti yang dilansir dari Gizchina pada Selasa, 20 Februari 2024, telah muncul laporan tentang Trojan iPhone yang pertama.

Laporan tersebut berasal dari Group-IB, sebuah perusahaan keamanan siber yang berbasis di Singapura yang memiliki spesialisasi dalam deteksi dan pencegahan serangan siber.

Menurut laporan tersebut, Trojan Android terkenal bernama GoldDigger kini menginfeksi perangkat iOS. Trojan ini pertama kali muncul pada bulan Oktober tahun lalu dan sekarang telah memperoleh kemampuan baru dan menyerang Android dan iPhone.

Trojan iPhone Bernama Goldpickaxe

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, versi baru dari GoldDigger ini memiliki kemampuan baru untuk menimbulkan kerusakan pada ponsel korban.

Setelah Trojan iPhone ini berhasil masuk ke perangkat iOS, maka Trojan tersebut dapat mengumpulkan data face recognition. 

Selain itu, Goldpickaxe ini memiliki kemampuan untuk mencegat pesan teks dan mengidentifikasi dokumen. Semua hal tersebut memudahkan hacker untuk menguras dana dari berbagai aplikasi perbankan dan aplikasi keuangan.

Lebih buruk lagi, penyerang atau hacker dapat menyamar sebagai korbannya. Data biometrik yang dikumpulkan oleh Trojan iPhone ini dapat menghasilkan AI palsu yang akan semakin memudahkan akses ke rekening bank dan masuk ke aplikasi keuangan.

Sasaran Trojan iPhone

Saat ini GoldPickaxe dikabarkan menyasar pengguna di Thailand dan Vietnam. Trojan tersebut memiliki kemampuan untuk meniru lebih dari 50 aplikasi berbeda dari lembaga keuangan berbeda.

Namun, meski Anda mungkin saat ini tidak berada di kedua wilayah tersebut, Anda harus tetap waspada terhadap Trojan iPhone ini.

Sebagaimana dicatat oleh Group-IB, Trojan GoldPickaxe iOS atau Android dan versi sebelumnya dalam tahap evolusi aktif. Itu artinya, aplikasi ini akan segera mampu meniru aplikasi perbankan yang Anda gunakan.

Cara Menjaga iPhone dari Trojan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga perangkat iOS agar tetap aman dari serangan hacker, seperti berikut.

  1. Hindari menginstal aplikasi apapun dari Apple TestFlight. Jika Anda perlu menginstalnya, pastikan Anda telah mempercayai developernya. Sebaiknya Anda juga melakukan background checking pada developer dan periksa keabsahannya sebelum memasang di ponsel.
  2. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau sensitif melalui panggilan telepon atau panggilan video ketika pihak yang tidak dikenal menghubungi Anda.
  3. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang rekening keuangan Anda, periksa melalui situs resminya. Hindari mengklik link yang berasal dari nomor atau email tidak dikenal.
  4. Pastikan iPhone yang Anda gunakan menjalankan iOS terbaru. Anda juga perlu memperbarui semua aplikasi Anda ke versi terbaru.

Itu tadi penjelasan mengenai Trojan iPhone serta cara untuk menghindarinya.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 20 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories