Ternyata Ini Beda Honda BR-V Lama dengan Baru

Honda BR-V (istimewa)

Beberapa saat lalu, Honda meluncurkan mobil terbarunya yaitu All New Honda BR-V dengan berbagai pembaruan dari segi performa, eksterior dan interior. 

Secara keseluruhan, BR-V generasi terbaru hadir dengan kabin dan bagasi terluas di kelasnya, serta memiliki performa tertinggi. Apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, BR-V terbaru juga memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Kekedapan Kabin

Dibandingkan dengan generasi pertamanya, All New Honda BR-V memiliki kualitas NVC (Noise, Vibration and Harshness) yang lebih baik dari sebelumnya.

Hal ini didukung oleh pengaplikasian semprotan busa dan strukter panel tertutup di sekitar area panel bodi untuk mengurangi kebisingan, serta mencegah debu dan bau tidak sedap yang masuk dari luar.

Selain itu, peredam dioptimalkan di beberapa area termasuk sistem insulasi suara, spatbor bagian dalam belakang, penutup bawah dan kap mesin.

Secara keseluruhan, All New Honda BR-V mengalami peningkatan kekedapan kabin lebih dari 60% dibandingkan model sebelumnya.

Stabilitas Berkendara

Selain itu, dari segi suspensi, All New Honda BR-V juga menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih stabil dari sebelumnya. Kini, All New Honda BR-V memiliki wheelbase yang lebih panjang 40 mm dari generasi sebelumnya, sehingga menghasilkan kestabilan lebih saat dibawa bermanuver.

Begitupun pada suspensi yang menggunakan MacPherson Strut bagian depan telah disetel ulang sehingga menjadi lebih rigid, sedangkan di bagian belakang terdapat penyesuaian geometri suspensi untuk performa redaman dan kenyamanan yang lebih baik.

Performa Tinggi

Mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC, All New Honda BR-V mampu menghasilkan tenaga hingga 121 PS alias sedikit lebih tinggi dari pendahulunya yang memiliki tenaga maksimal 120 PS. Torsi juga meningkat 5% dan torsi maksimum dapat dicapai lebih cepat sejak RPM rendah, sehingga lebih bertenaga saat berakselerasi. Namun, konsumsi bahan bakarnya justru lebih irit 3 persen dan efisiensi transmisi meningkat 4% dari model sebelumnya, sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus.

Kabin Luas

Dari segi dimensi, All New Honda BR-V lebih panjang 35 mm dan lebih lebar 45 mm sehingga menghasilkan kabin dan bagasi terluas dikelasnya. Selain itu, dibandingkan pendahulunya, All New Honda BR-V memiliki ground clearance yang lebih tinggi 19 mm sehingga lebih fleksibel untuk dikendarai di berbagai medan jalan.

All New Honda BR-V hadir dalam 5 varian dengan harga mulai dari Rp 275,9 juta. (Bang Koboi)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories