Tindakan yang Harus Dilakukan Saat Akun WhatsApp Anda Diretas

Apa yang Harus Dilakukan Saat WhatsApp Diretas? Ini Penjelasannya (Freepik)

JAKARTA - Tak dapat dipungkiri, WhatsApp adalah aplikasi chat populer apalagi di kalangan masyarakat Indonesia. WhatsApp memudahkan kita untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan teman kerja.

Namun, kenyamanan menggunakan platform perpesanan ini juga disertai dengan kerentanan tertentu. Meski akun WhatsApp tidak mudah untuk diretas, ada berbagai skenario yang bisa menyebabkan akun WhatsApp Anda jatuh ke tangan yang salah.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja yang bisa Anda lakukan ketika mencurigai akun WhatsApp Anda telah disusupi.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Akun WhatsApp Diretas?

Akun WhatsApp Terdaftar Tanpa Izin Anda

Anda tentu akan merasa terkejut saat mengetahui bahwa akun WhatsApp Anda telah didaftarkan di perangkat lain tanpa persetujuan Anda. Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya niat jahat seperti mengirim spam ke kontak Anda atau hacker mendapatkan akses tidak sah ke akun Anda.

Untuk mendaftarkan akun WhatsApp di perangkat lain, hacker memang memerlukan akses kode verifikasi atau verification code yang dikirim melalui SMS. Namun, dalam beberapa kasus, penipu mungkin akan mencoba menipu Anda agar membagikan kode tersebut, mengklaim bahwa kode tersebut dikirim ke ponsel Anda secara tidak sengaja. Alternatifnya, malware ada yang sudah terpasang di ponsel Anda lalu mencegat kode tersebut segera setelah kode tersebut tiba di ponsel Anda.

Jika Anda salah membagikan kode verifikasi, maka Anda bisa mendapatkan kembali kendali dengan memverifikasi ulang WhatsApp di ponsel Anda. Namun, jika penyerang berhasil menggandakan kartu SIM Anda, diperlukan waktu lebih lama untuk memulihkan fungsi WhatsApp Anda.

Untuk segera memulihkan akun WhatsApp Anda, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Jika Anda mencurigai seseorang telah menggandakan kartu SIM Anda, segeralah menghubungi operator seluler Anda untuk memverifikasinya. Jika dikonfirmasi, batalkan duplikat kartu SIM, minta yang baru, dan pertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum terhadap operator Anda karena gagal memastikan penerbitan duplikat yang aman. 
  2. Seperti yang dilansir dari Gizchina, operator akan menghadapi denda yang besar karena pelanggaran tersebut di masa lalu. Setelah Anda memiliki kartu SIM aktif, Anda dapat mendaftarkan ulang WhatsApp di ponsel Anda. Sementara itu, hubungi dukungan WhatsApp dengan pesan “Ponsel yang dicuri/hilang: Harap nonaktifkan akun saya” atau “Stolen/lost phone: Please deactivate my account” dan sertakan nomor telepon Anda dengan kode panggilan internasional untuk meminta penonaktifan akun.
  3. Beri tahu kontak Anda tentang situasinya. Banyak kontak Anda mungkin menggunakan aplikasi perpesanan alternatif, jadi sangat penting untuk memberi tahu mereka melalui teks atau panggilan telepon tentang penyusupan pada akun WhatsApp Anda. Mereka harus berhati-hati dan menghindari mengeklik tautan, memasang aplikasi, atau mengirim uang kepada siapa pun yang mengaku sebagai Anda.
  4. Coba daftarkan nomor Anda lagi. Cara paling efektif untuk menghapus penyusup dari WhatsApp Anda adalah dengan mendaftarkan ulang di ponsel Anda. Klik “Verifikasi” atau ‘Verify’ dan masukkan kode yang dikirimkan ke ponsel Anda (jika SIM Anda masih berfungsi). Harap dicatat bahwa opsi ini mungkin memerlukan waktu beberapa jam untuk tersedia.
  5. Jika Anda menemukan permintaan kode verifikasi yang tidak Anda kenali, ini menunjukkan bahwa penyerang telah mengaktifkan verifikasi dua langkah. Anda sebaiknya mengaktifkan fitur ini setelah Anda mendapatkan kembali kendali atas akun Anda. Anda harus menunggu tujuh hari untuk mengakses akun Anda tanpa kode, namun Anda dapat yakin bahwa proses tersebut akan menghentikan sesi penyusup.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mengetahui akun WhatsApp diretas. Hati-hati!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 22 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories