Tingkatkan Kenyamanan Pengguna, WhatsApp Dikabarkan Kembangkan 3 Fitur Ini

3 Fitur Terbaru dari WhatsApp yang Bikin Pengguna Makin Nyaman (Istimewa)

JAKARTA - Demi meningkatkan kenyamanan pengguna, WhatsApp dilaporkan sedang melakukan penjajakan integrasi fitur dialer dalam aplikasi. Menurut laporan dari WABetaInfo, fitur ini bertujuan untuk menyederhanakan proses melakukan panggilan langsung melalui platform perpesanan. 

Meski detail implementasi spesifik fitur tersebut masih dirahasiakan, potensi manfaat dari fitur itu tampaknya sudah jelas.

Fitur Baru dari WhatsApp

In-App Dialer

Dialer dalam aplikasi atau In-App Dialer tampaknya semakin menjanjikan. Fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna yang memerlukan panggilan sementara atau spontan.

Integrasi dialer dalam WhatsApp juga akan menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan kontak di daftar kontak ponsel atau menavigasi rangkaian percakapan. Selain itu, fitur tersebut dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan dengan memfasilitasi panggilan suara tanpa perlu beralih ke aplikasi stock dialer default. 

Fitur ini memanfaatkan data internet untuk melakukan panggilan melalui WhatsApp sehingga jadi lebih hemat biaya, terutama untuk komunikasi internasional. Tidak mengherankan jika fitur tersebut menarik bagi pengguna dengan akses Wi-Fi atau paket data yang hemat anggaran.

Berbagi File Tanpa Koneksi Internet

Sejalan dengan eksplorasi WhatsApp pada fitur dialer, WhatsApp dilaporkan sedang mengembangkan fitur baru yang memungkinkan untuk berbagi file dan dokumen tanpa bergantung pada koneksi internet. Fungsi yang akan datang ini bertujuan untuk menyederhanakan proses transfer file ke perangkat terdekat dengan memperkenalkan suatu bagian khusus dalam pengaturan aplikasi.

Peningkatan Privasi dan Keamanan

Mekanisme berbagi file yang diusulkan turut memprioritaskan privasi dan keamanan pengguna. Oleh karena itu, melalui permission management system, pengguna dapat mengontrol visibilitas mereka terhadap individu di sekitar dan memastikan bahwa hanya koneksi yang diinginkan yang dibuat.

Hal tersebut juga termasuk enkripsi end-to-end pada transfer file dan menyembunyikan nomor telepon pengguna selama proses transfer. Keamanan ini memang sudah jadi komitmen WhatsApp untuk melindungi data pengguna.

Itu tadi beberapa upaya berkelanjutan WhatsApp untuk memperkenalkan fitur-fitur inovatif yang mencerminkan komitmennya untuk meningkatkan pengalaman dan fungsionalitas kepada pengguna.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 26 Apr 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories